Pasang Quick Shifter, Percepat Akselerasi

Motorplus - Senin, 14 Oktober 2013 | 10:18 WIB

Satu paket dilengkapi modul dan sensor

Jika ubahan engine sudah maksimal, pacuan sport 250 cc sobat bisa ditambahkan perangkat ini. Disebut Quick Shifter alias QF. Part ini banyak diaplikasi di pacuan balap. Itu karena perannya penting buat membantu akselerasi.

Setelah aplikasi QF, mengoper transmisi ke gigi yang lebih tinggi tak perlu lagi tarik kopling atau kendurkan grip gas biar rpm mesin gak turun. Tetapi, sobat sudah bisa langsung congkel tuas persneling, gigi pun langsung naik.

Sensor QF dipasang di bagian tuas persneling


“Sistem kerja produk ini seperti memutus aliran listrik. Seolah, mesin mati dalam hitungan sepersekian detik. Makanya, gigi bisa dimasukkan. Tapi, prosesnya sangat cepat. Bisa seperseribu atau seperpuluhan ribu detik,” ujar Angga Kurniawan dari Anjany Racing di Jl. Arteri Kelapa Dua No. 21, Jakarta Barat.

Sistem kerja QF mengandalkan sensor yang diletakan di tuas persneling. Nantinya sensor akan kirim sinyal ke ECU buat memanipulasi keadaan. Banyak merek yang bisa diaplikasi. Seperti merek Dynojet. Tersedia buat Honda CBR 250 dan Ninja 250.

“Tetapi, untuk pemasangan quick shifter Dynojet, harus disertai Power Commander V. Part ini untuk seting kecepatan pengoperan gigi. Seting dilakukan melalui software dari laptop,” kata Angga sembari sebutkan harga QF sekitar Rp 5 jutaan.

Peranti pemanipulasi rpm ini sudah bisa bekerja sejak rpm 3.000 ke atas. Sobat pun bisa pilih seberapa cepat proses pengoperan yang diinginkan. Misalnya, 65.000 mSec. “Prosesnya juga bisa dipilih. Mau ketika tuas persneling diangkat atau ketika tuas dilepas,” beber Angga.

(www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular