Rumah Kopling Model Kaki Lima

Motorplus - Senin, 28 Oktober 2013 | 10:22 WIB

Sudah dilengkapi lubang kecil untuk sirkulasi oli

Ingin memaksimalkan kinerja kopling motor sport 250 cc ada banyak cara bisa dilakukan. Salah satunya ganti rumah kopling model kaki lima, meskipun carinya tidak di pedagang kaki lima! Wkwkwkw....


Rumah kopling kaki lima, artinya mempunyai lima kaki atau lima dudukan untuk per kopling. Ini untuk mengakali kinerja kopling menjadi lebih maksimal. Karena rumah kopling standar, hanya memiliki empat buah kaki untuk per kopling.

“Penggunaan rumah dengan lebih satu per dari part standar ini jelas bisa menambah kinerja mesin. Apalagi untuk keperluaan balap. Dengan penggunaan lima buah per, tekanannya pasti lebih kuat. Entakan jadi lebih terasa,” kata Ahmad Saihu alias ‘Usay’ mekanik tim Ilegal B’Pro Racing yang menggunakan rumah kopling kaki lima di motor balap Kawasaki Ninja 250 racikannya.

Untuk pengguna motor sport 250 cc, masih jarang produsen part racing yang membuat perangkat ini. Yang ada di pasaran hanya produk dari B’Pro yang menjual rumah kopling kaki lima bolt on. Jadi tinggal pasang, tanpa harus melakukan perubahan apapun. Karena dibuat khusus untuk Ninja 250, bentuknya sama persis dengan model standar. Kampas kopling juga tetap menggunakan kampas standar. So, hanya jumlah dudukan per koplingnya saja yang bertambah.

Rumah kopling kaki lima ini dijual satu set dengan tutupnya. Dibuat menggunakan mesin CNC dengan bahan aluminium T6061. Diklaim lebih presisi dan lebih kuat saat digunakan.

Selain penerapan kaki lima, rumah kopling ini sudah dilengkapi dengan lubang-lubang kecil di rumah kopling. Fungsinya, agar pelumas bisa masuk dengan merata hingga sela-sela di antara kampas kopling. Ini membuat kopling tidak mudah slip dan lebih awet.

Sedangkan untuk efek sampingnya, tuas kopling akan terasa lebih keras saat ditekan jika dibandingkan dengan kondisi standar. Hal ini tentu akan membuat jari-jari tangan lebih cepat pegal jika digunakan pada kondisi jalan perkotaan yang macet. Terbilang wajar, karena sejatinya rumah kopling ini memang dibuat untuk kepentingan balap.

Nah, kalau sobat ada yang berminat dengan rumah kopling kaki lima untuk Ninja 250 ini. Satu set perangkatnya dibanderol Rp 2,8 juta. Untuk pemesanan bisa langsung telpon ke HP. 0821-2549-2549. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular