Modifikasi : Yamaha Jupiter Z Bantaeng-Sulsel, Sukses Dobrak Dominasi Pembalap Jawa

Motorplus - Senin, 4 November 2013 | 12:23 WIB

Syahrul Amin NDRT. Bikin geger pembalap Jawa

Dengan livery serba hitam-kuning, Yamaha Jupiter-Z ini memancing rasa penasaran seluruh tim dari Region 2. Jupiter-Z yang digeber Syahrul Amin NDRT ini sakses meraih podium kehormatan sebagai jawara Kelas MP3 (Bebek 125 cc Tune Up Pemula) di Kejurnas Motoprix Jogja, minggu lalu.

Ternyata, racer ini pembalap dari tim TYCI SND Agus Klaten asal Bantaeng, Sulawesi Selatan. Dominasi permainan Syahrul, membuat racer sekelas Galang Hendra dan Ervantona yang biasa jawara MP3 pun tak mampu mengejar pembalap yang aslinya dari Biak, Papua ini.

“Kami juara region 5 di kelas MP3. Seri di sana sudah selesai, sehingga kami pakai sisa waktu tahun ini untuk main di Jawa. Sekalian lihat skill dia untuk main di region terpanas,” cuap Dedi yang bawa Syahrul main ke Jawa.

Kedashyatan hasil yang diraih ini teryata memakai jasa dari Pulau Jawa juga. “Saya yang meracik mesinnya mas, termasuk untuk main di Yamaha Cup Race (YCR),” papar Agus Budi Susanto asal Klaten ini.

(Kiri) Head silinder dibikinkan squish 9 derajat. (Kanan) Sok YSS redam goyangan buritan.


Racikan pendobrak dominasi ini, ternyata diramu dari durasi kem yang diseting galak putaran atas. Apalagi, sirkuit Magowoharjo memanjakan kitiran tinggi dengan rolling speed.

“Durasi total saya buat 278 derajat, klep in membuka pada 38 derajat sebelum TMA dan menutup pada 60 derajat setelah TMB. Sedangkan klep ex membuka sama angkanya seperti klep in,” yakin mekanik beken dengan sebutan Agus Klaten ini.

Dengan durasi segitu, lift klep juga dibuat tinggi mengangkat. Klep isap 26 mm dan klep buang 23 mm yang diambil dari klep Honda Sonic (namun ukurannya disesuaikan lagi) mampu naik sekitar 9 mm. Sebanding dengan kompresi 13,4 : 1 yang dibakar bensol. Sehingga tenaga mesin optimal untuk sirkuit yang cocok berkitir menengah ke atas.

Selamat! (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Knalpot : AHM
Sok belakang : YSS
CDI : Rextor
Karbu : Mikuni TM 24 mm
Agus Klaten : 0815-7811-4690

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular