Agar Enggak Ngadat, Harus Rutin Lumasi Selang Rem & Gas

Motorplus - Rabu, 13 November 2013 | 09:25 WIB

Pastikan tidak ada bagian slang yang tertekuk atau patah

Buat sobat yang kerap mengalami putus kabel rem, kopling, atau gas coba simak bahasan satu ini. Agus Wijaya dari Sinar Motor di Jl. Raya Sawangan, Depok, Jawa Barat kasih triknya. Katanya ada banyak faktor yang membuat kabel cepat putus. Salah satunya, kondisi slang yang rusak.

Sebagai pelindung kabel, kondisi slang kerap dilupakan. Padahal, fungsinya sangat penting dan bisa dicek kondisinya lewat tanda-tanda yang dikeluarkan.

“Bagusnya, kondisi slang rem lurus tanpa ada bagian yang tertekuk atau patah. Kalau ada yang patah, berarti pelat yang terletak di dalam karet kemungkinan besar rusak. Bisa menggerus kabel jika retaknya menjorok ke dalam,” ucap Agus.

Selain mengecek lewat tekukan yang terjadi pada slang, kondisi karet pelindung juga diperhatikan. Kalau ada karet yang terkelupas, pastinya memudahkan air untuk masuk. Efeknya, pelat di dalam slang akan mudah karat yang menyebabkan geraknya kabel menjadi tersendat.

Karet terkelupas membuat pelat lebih mudah karat

“Pelat yang berkarat bisa dicek dari kondisi karet yang melapisinya. Kalau sudah berkarat, umumnya kontur karet akan berubah menjadi lebih keras. Bisa dilihat atau dipencet menggunakan kuku,” tambah bapak dua anak ini.

Solusinya, agar kondisi slang tetap terjaga sobat harus berikan pelumasan rutin. Minimal tiga bulan sekali slang rem dirawat. Hindari juga pemasangan berliku agar slang tak mudah patah atau tertekuk. Biar terlihat sepele, akan repot jika terjadi kendala di tempat yang sulit ditemui bengkel.(motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular