Honda Tiger 1997 Jatim & Suzuki Thunder 125 2006 Kalsel, Tampil Ala Ducati

Motorplus - Selasa, 12 November 2013 | 07:20 WIB

Desain duo pacuan ini mengacu ke Ducati 1198 SP. Ya, Suzuki Thunder dan Honda Tiger. Bisa ditengok dari bentuk bodi kit-nya yang hampir sama dari keduanya. Tapi, kedua owner motor ini nggak mau jika motornya dibikin kembar layaknya modifikatornya yang kembar.

Sebelum menjalani proses cetak bodi, kedua motor ini wajib menjalani ritual potong sub frame supaya bodi baru motor bisa terpasang sempurna. “Sub frame harus dipotong total dengan ganti pipa kotak setebal 2 cm,” kompak modifikator kembar dari rumah modifikasi Twin’s Fiber Planet Batu di Jl. WR Supratman, Batu, Malang, Jawa Timur.

Pipa kotak tersebut tidak asal las saja. Namun mengejar aerodinamika Ducati yang nungging, harus menaikkan sub frame baru sekitar 50 derajat kemiringan. “Naikkan sub frame, sembari dipanasi supaya naiknya enggak terlalu tajam,” bilang Arno sang kakak.

Nah, untuk proses bodinya sengaja dibikin beda nih. “Tiger milik Farid meminta desain persis Ducati 1198, kalau untuk Thunder milik Akmal Lutfhi ada perpaduan antara Ducati 1198 dengan Kawasaki Ninja 250R dibagian dada depan,” ucap Ardi Sang Adik, yang bikin headlamp keduanya mirip.

Bukan hanya bodi saja yang terlihat beda, tetapi bagian deltabox juga. “Thunder dibikin mirip Kawasaki Ninja yang gede dibagian samping. Kalau Tiger, saya bikin mirip Ducati yang modelnya pakai tubular,” imbuhnya.

Tengok deh bagian swing arm yang menjadi ciri khas modifikator asal Batu ini. “Swing arm mengandalkan pipa besi tebal 4 mm dan panjang dari as 65 cm. Setelah selesai, baru deh dibungkus fiberglass,” terang Arno yang sudah menjadi bapak.

Beralih ke bagian suspensi depan bro! Bagian ini juga dirasakan Arno dan Ardi, menjadi salah satu bagian tersulit untuk menjiplak motor buatan Italia tersebut. Terutama, menemukan lekukan bodi yang landai dan sempit dibagian fairing depan. Itu, jelas butuh perhitungan yang tepat.

“Main frame saya ubah sedikit supaya sok depan mau rebah. Dengan begitu, nantinya akan ketemu ukuran yang pas untuk fairing. Justru, yang Honda Tiger paling susah tuh,” ucap Arno yang sempat membawa meteran ke showroom Ducati buat bikin ‘baju’.

Yang bikin beda lagi adalah pelepas gas buang. Maklum, keduanya juga enggak mau saling meniru dan kesepakatannya bisa dilihat pada foto bro.

“Tiger pakai knalpot Honda Absolute Revo dibikin double. Sedangkan Thunder cukup pakai silincer milik mobil yang penempatannya di bagian bawah mesin,” kompak modifikator kembar itu. (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Honda Tiger
Ban Depan: Bridgestone BT 110/60-17
Ban Belakang: Swallow 160/60-17
Pelek Depan: V Rossi 3,50X17
Pelek Belakang: V Rossi 4,5X17
Sok Depan : Tiger custom

Suzuki Thunder 125
Ban Depan: FDR 90/60-17
Ban Belakang: Corsa 150/60-17
Pelek Depan: V Rossi 2,50X17
Pelek Belakang: V Rossi, 3,50X17
Twin’s Fiber Planet: 0856-357-6002

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular