Komponen Titanium, Tawarkan Durabilitas Lebih Baik Ketimbang Material Lain

Motorplus - Rabu, 20 November 2013 | 15:27 WIB

Jika dibanding besi yang berat, kekuatan tarik titanium jelas lebih rendah. Tapi jika dibandingkan dengan aluminium yang sama-sama ringan, titanium jelas lebih kuat. Bisa dilihat dari modulus young atau daya mulur dari titanium dan aluminium.

Titanium memiliki modulus young 116 GPa, sedang aluminium hanya 70 GPa. Kekuatan tarik titanium hampir 2 kali lipat kekuatan tarik aluminium. Membuat titanium tidak mudah patah dibanding aluminium yang rawan pecah.

Tapi, kekerasan atau kekuatan terhadap benturan jelas lebih kuat titanium dibanding besi. Terlihat dari angka pengujian brinel, titanium yang 716 MPa. Sedangkan besi hanya 490 MPa.

Jadi, titanium tidak mudah penyok dalam ketebalan yang sama dengan besi. Namun karena kurang lentur bisa mudah pecah. (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular