Modifikasi : Honda Tiger 1996 Madura, Paksakan Aplikasi Swing Arm GSX 750

Motorplus - Senin, 25 November 2013 | 06:26 WIB
motorplus
Modifikasi : Honda Tiger 1996 Madura, Paksakan Aplikasi Swing Arm GSX 750

motorplus
Modifikasi : Honda Tiger 1996 Madura, Paksakan Aplikasi Swing Arm GSX 750

Warga Madura, Jawa Timur sudah terkenal dengan tekadnya yang bulat. Maksudnya, jika sudah kemauannya mesti terlaksana. Ini bisa dilihat dari sikap Wiwin yang ingin memasang swing arm Suzuki GSX 750 pada Honda Tiger miliknya yang dibalut bodi aliran Minor Fighter.

Orang yang dipaksa memasang tidak lain adalah Surya. Ia, modifikator KM7 Modified yang jago untuk ubahan Minor Fighter di kawasan Jawa Timur. “Jelas musti mengubah konstruksi rangka belakang. Makanya, harus benar-benar diperhitungkan supaya swing arm tidak miring,” ucap Surya sang modifikator.

Langkah awalnya adalah memotong bagian depan as swing arm GSX 750. Itu dilakukan lantaran main frame Tiger yang menjadi tumpuan mesin ada di bagian tengah. Bukan model mengapit layaknya Ninja 250R. Ibaratnya, model A.

“As tengahnya potong total. Kemudian rumah as swing arm Tiger dipotong dengan menyisakan sekitar 7 mm, supaya swing arm GSX bisa terpasang dengan center,” ucap modifikator yang baru pindah ke alamat Gudang/slipan Tengah Sawah, Desa Bungur, Kecamatan Karangrejo-Tulungaggung, Jawa Timur ini.

Masih belum selesai nih! Selanjutnya as tetap mempertahankan milik Honda Tiger. Hanya saja, bagian bearing-nya diberi bushing lagi supaya enggak goyang itik macam Zaskia Gotik.

motorplus
Modifikasi : Honda Tiger 1996 Madura, Paksakan Aplikasi Swing Arm GSX 750

“Setelah itu dilanjutkan bikin dudukan untuk monosok. Bahannya dari besi ukuran 5 mm yang dibikin model U dengan sudut kemiringan sok ketemu sekitar 85 derajat,” ucap pria yang juga anggota Minor Fighter alias MF.

Swing arm sudah beres, ternyata masih menyisakan tugas baru bagi Surya. Kali ini, justru tugasnya memasang cakram belakang yang tidak presisi. “Cakramnya terpaksa musti digeser ke kanan sedikit. Sekitar 0,3 mm. Itu hanya ditambah dudukan, setelah itu bushing-nya dibubut menyesuaikan kebutuhan supaya lebih presisi lagi,” lega wargra asli Tulungagung.

Sudah keren ta’ iye? (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan: Battlax BT 014 120/70-17
Ban belakang: Michellin 190/55-17
Pelek: Suzuki GSX 1000
Knalpot: Leo Vince
KM7 Modified: 0856-4906-9001

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular