Modifikasi : Suzuki Thunder 250 2000 Ciamis, Ini Dia Bukti Eksistensi Motor Langka

Motorplus - Rabu, 27 November 2013 | 18:54 WIB
motorplus
Modifikasi : Suzuki Thunder 250 2000 Ciamis, Ini Dia Bukti Eksistensi Motor Langka

motorplus
Modifikasi : Suzuki Thunder 250 2000 Ciamis, Ini Dia Bukti Eksistensi Motor Langka

Sebagai produk jenis sport Suzuki, varian Thunder 250 termasuk cukup langka kuantitasnya di Indonesia. Motor yang diproduksi pada transisi pergantian abad yang beken dengan sebutan milenium ini tak banyak. Padahal secara kualitas, mesin yang digendong 250 cc. Artinya kapasitas mesin besutan milik Yugi Mougie ini terbesar di kelasnya saat itu. Dan juga memiliki sistem yang unik dengan dobel lubang buang pada head cylinder-nya.

Karena itu, Falmi Fajri Shidiq dari Street Garage 88 (SG88), berusaha menjaga kelestarian kuda besi langka. Caranya, “Dengan modifikasi bergaya street fighter alias SF yang cenderung radikal. Terbukti, motor ini masih layak sebagai acuan modifikasi,” cuap modifikator yang gaul disapa Falmi ini.

Ciri tema modifikasi bergaya SF tak jauh dari permak bodi. Bodinya pun terlihat mengejar padat di depan, dengan model buntut belakang mini. Cocok dengan paham Falmi yang berkiblat ke gaya West Jateng Style atau WJS. Walaupun berasal dari Ciamis, namun Falmi merupakan pentolan MF Priangan Timur.

motorplus
Modifikasi : Suzuki Thunder 250 2000 Ciamis, Ini Dia Bukti Eksistensi Motor Langka

Permak bodi bergaya irit ini bermula dari perhitungan konstruksi sasis. “Saya sesuaikan postur ubahan konstruksi motor dengan tubuh pemiliknya yang tinggi. Sehingga akan lebih nyaman dikendarai,” papar modifikator yang punya workshop di Jl. H. Hasan No. 41, Cigembor, Ciamis, Jawa Barat.

Konstruksi sasis dipermak ulang. Contohnya sasis utama di bagian bawah tangki. Bagian ini dibuat dari pipa besi 2,5 inci. Desain dibuat melengkung senada bentuk tangki model klasik bentuk panjang. Kemudian, dibuatkan dudukan jok baru pakai pipa 1 inci dengan ukuran sesuai konsep yang mengejar tampilan jangkung.

Sasis bagian belakang mesin pun ditata ulang. Sebab konstruksinya sudah menyesuaikan dudukan monosok Yamaha Jupiter MX 135.

“Jadi terlihat lebih ringkas untuk memasukan swing arm handmade yang dibuat lebar, agar bisa nemplok pelek comotan moge. Sedangkan pipa down tube dibagian depan mesin masih standar,” jelas suami dari dr. Rida Nengsih ini. (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan: Dunlop 120/70-17
Ban belakang: Dunlop 180/55-17
Lampu depan: Yamaha V-ixion
SG88: 0878-2628-0866

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular