Tips Cegah Baut Berkarat, Bisa Pakai Sil Buatan dari Bahan Karet Ban Dalam

Motorplus - Kamis, 12 Desember 2013 | 07:10 WIB
motorplus
Tips Cegah Baut Berkarat, Bisa Pakai Sil Buatan dari Bahan Karet Ban Dalam

motorplus
Tips Cegah Baut Berkarat, Bisa Pakai Sil Buatan dari Bahan Karet Ban Dalam

Gunting karet membulat seperti sil

Musim hujan mulai datang, para pengendara sepeda motor harus kembali waspada dengan dampak yang timbulkan. Terutama karat! Masalah ini memang lebih mudah datang saat musim hujan. Air yang terciprat bercampur kotoran dan membuat proses korosi pada part besi menjadi lebih cepat.

Jangan cuma part-part besar yang diperhatikan, tetapi part kecil yang jarang dibuka juga harus mendapat perawatan extra. Contohnya, dua baut yang mengikat tutup master rem. Meski sekilas tampak rapat, part ini tak luput dari karat.

“Umumnya karat muncul di bagian ulir baut, jadi tidak terlihat. Namun kalau dibiarkan, efeknya baut menjadi lebih sulit dibuka dan lebih mudah patah. Apalagi baut ini jarang dibuka,” ucap Imam Soleh yang mekanik SM Motor di Jl. Raya Bojonggede, Bogor, Jawa Barat.

Untuk mencegah terjadinya karat di ulir baut pengikat tutup master rem, sobat bisa memasangkan karet sil. Karet ini berfungsi untuk mencegah masuknya air ke ulir baut. Apalagi selama ini, bentuk baut cekung ke dalam membuat air pun menjadi lebih mudah masuk.

motorplus
Tips Cegah Baut Berkarat, Bisa Pakai Sil Buatan dari Bahan Karet Ban Dalam

Pasang baut hingga kencang dan rapat

Bagi sobat yang kesulitan mendapatkan seal dengan ukuran baut tersebut, masih bisa diakali. Sobat bisa memanfaatkan karet bekas ban dalam yang dipotong membulat seukuran bentuk baut. Jangan lupa, bagian tengahnya dibolongi untuk dilewati batang baut, seperti seal.

Jika seal buatan ini telah rapi, sobat bisa kembali mengencangkan baut hingga rapat. Dijamin, air hujan atau sisa air saat mencuci motor tidak bisa lagi masuk ke dalam ulir.

Efeknya akan terasa saat sobat akan membuka baut ini nantinya. Baut jadi gampang dibuka, tidak perlu tenaga ekstra. Simpel tetapi bermanfaat saat dibutuhkan tuh! (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular