Skill Berkendara di Jalan Bergelombang, Perlu Perlakuan Khusus

Motorplus - Selasa, 10 Desember 2013 | 15:21 WIB
motorplus
Skill Berkendara di Jalan Bergelombang, Perlu Perlakuan Khusus

motorplus
Skill Berkendara di Jalan Bergelombang, Perlu Perlakuan Khusus

Waspada berkendara di jalan rusak

Kondisi cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini, membuat fisik jalanan buruk. Bahkan di beberapa lokasi jalan di jalur utama kondisi jalan banyak yang bergelombang. Tidak sedikit lubang lumayan besar juga ditemukan.

Akibat dari itu semua, tidak sedikit pengendara yang mengalami kecelakaan. Menurut Hadrianus Ary Yuanto, chief instructor Safety Ridingdari PT Astra Honda Motor (AHM), pengendara mesti memiliki responsible terhadap diri sendiri. “Caranya harus terus meningkatkan kemampuan berkendara,” jelas instruktur ramah berkacamata ini.

Reza Novendri, koordinator safety riding dari PT Capella Dinamika Nusantara, main-dealer Honda Aceh ini membagi tips cara melewati jalan bergelombang. “Posisi badan pengendara sedikit mengangkat pantat. Posisi seperti berdiri dengan lutut sedikit ditekuk akan lebih memudahkan menyeimbangkan kendaraan.”

Saat menghadapi jalan berlubang pada dasarnya juga sama. Jika mengendarai dalam kecepatan tinggi jangan melakukan pengereman mendadak. Lakukanlah pengereman secara bertahap untuk menghindari slip.

“Jangan menghindar jalan berlubang dalam kecepatan tinggi. Sebab bisa menyerempet atau membuat kendaraan lainya terkejut dan dapat menimbulkan kecelakaan yang melibatkan pengendara lain,” tambah Toni Purnama. chief instructor Safety Riding dari PT Wahan Makmur Sejati, main-dealer Honda Jakarta-Tangerang.

Upayakan menghindari jalan berlubang saat berkendara dalam kecepatan rendah. Di saat yang bersamaan berdirilah di footstep dan bobot badan condong ke belakang dengan cengkraman pada ujung luar setang.

“Jika tidak sempat berdiri, tetap duduk tapi jangan terlalu mencengkeram setang motor. Pegangan yang kaku justru akan mengakibatkan motor jadi kehilangan kendali saat menghantam lubang,” ingat Dudut, panggilan akrab Hadrianus Ary Yuanto.

Untuk mendapatkan kemampuan berkendara seperti itu, masih menurut Dudut, bisa dilakukan melalui berbagai latihan. “Honda seringkali membuat program pelatihan bagaimana teknik pengereman, menikung dan menjaga keseimbangan. Atau bisa juga mengikuti pelatihan seperti ini yang juiga gencar diberikan kepada komunitas motor. Terlebih sebagian besar dari mereka besar juga telah mendapatkan pengetahuan mengenai skill ini.” (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular