Pabrikan Motor Ariel Inggris, Pelopor Desain Motor Modern dari Daratan Britania

Motorplus - Sabtu, 14 Desember 2013 | 07:28 WIB
motorplus
Pabrikan Motor Ariel Inggris, Pelopor Desain Motor Modern dari Daratan Britania

motorplus
Pabrikan Motor Ariel Inggris, Pelopor Desain Motor Modern dari Daratan Britania

Ini dia Red Hunter legendnya Ariel

Selly Oak Birmingham Inggris tentunya mencatatkan namanya pada sejarah motor dunia. Yap, di sinilah lahir pabrikasi beken Ariel yang dikomandoi duo jenius Edward Turner dan Val Page. Pabrikasi ini punya andil besar menciptakan motor keren termasuk memasok desain bentuk dan mesin pada pabrikasi sepeda motor lain.

Perusahaan ini lahir pada 1870 atas kerja keras James Starley dan William Hillman. Tahun itu, mereka belum bikin motor tapi masih berupa sepeda onthel. Walau masih bikin sepeda, saat itu mereka sudah dianggap sebagai inovator. Yup. karena mampu membuat sepeda dengan bobot super ringan di zamannya hingga dijuluki spirit of the air.

Tahun 1902 bisa dikatakan sebagai awal mula produk serius Ariel. Tiga tahun kemudian  perusahaan diambil alih Charles Sangster membuat motor 2-tak 3 percepatan. Saat mereka menggamit desainer Val Page, Ariel makin merajai pasar motor dengan kapasitas andalannya 992 cc. Setelah itu lahirlah Ariel Square Four dan Red Hunter (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular