Tes Kualitas Glasswool, Bisa Dengan Cara Tes di Temperatur Bakar

Motorplus - Sabtu, 28 Desember 2013 | 14:04 WIB

Dibakar di atas kompor gas

Fungsi glasswool meredam suara. Begitu pula di knalpot. Tetapi, karena panas yang dikeluarkan di knalpot, glasswool yang dipakai di bagian ini harus yang bahannya tahan panas.

"Glasswool knalpot harus dilakukan penggantian rutin. Apalagi jika suara knalpot sudah terdengar lebih sember," terang Eko dari AHRS. Segera cek kondisi glasswool. Kalau sudah berubah warna hitam, segera ganti pakai peredam yang baru.  

Pilihan glasswool di pasaran lumayan banyak. Untuk memilih kembali, mesti teliti. Selain harga, kualitas juga menentukan. Part yang baik lebih tahan terhadap panas dan tak mudah bikin karat.

Kualitas baik, tahan panas

Untuk mengecek kualitas bahan glasswool, bisa membakarnya pada suhu panas tinggi. "Kalau dibakar pakai korek dan glasswool langsung terbakar, artinya kualitasnya sangat buruk. Bahan yang tahan panas akan kuat pada suhu ribuan derajat. Mengeceknya, dibakar pakai api kompor gas," terang Drs. Sunardi, M.Si, direktur laboratorium afiliasi  Dept. FMIPA Universitas Indonesia.

Api biru dari kompor gas, suhunya jauh lebih tinggi ketimbang api warna merah. "Glasswool yang tahan dibakar, berwarna merah bara ketika kena suhu panas tinggi. Ketika dingin, warnanya akan kembali normal," tambah Sunardi. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular