Modifikasi Suzuki Thunder 250 2002 Depok, Bengis Karena Dilengkapi Turbo!

Motorplus - Selasa, 7 Januari 2014 | 06:32 WIB

Kalau di jalan sobat bertemu Suzuki Thunder 250 bergaya café racer ini, kudu waspada. Terlebih jika mau adu kebut! Sebab bukan cuma tampangnya yang sangar, muntahan tenaga dari mesinnya juga besar sob. Buat bocoran, Thunder 250 ini sudah dicangkokan turbo di mesinnya.

Agung alias ‘Gemblong’ yang pemilik motor ini memang hobi mengoprek mesin. Berhubung sebelumnya ia sering mengoprek mesin mobil, makanya untuk kerja turbo di mesin sudah cukup dipahaminya.

“Awalnya karena penasaran ingin tingkatkan performa motor dengan adopsi turbo. Karena banyak bantuan teman yang biasa pasang turbo untuk mobil, proses pemasangannya jadi lebih mudah,” tegas punggawa bengkel Gemblong Motor Sport (GMS) di Jl. Naman Iskandar No. 111, Limo, Depok, Jawa Barat ini.

Agar kinerja turbo bisa lebih maksimal, Gemblong meningkatkan kapasitas mesin. Piston Vertex berdiameter 84 mm dipasang menggantikan piston standar yang berukuran 72 mm. Setang seher, ikut diganti produk import yang biasa digunakan di motor Spesial Engine (SE). Ukurannya sama, yakni 61,2 mm. Kapasitas silinder sekarang membengkak jadi 338 cc bro.

Karena turbo akan memaksa mesin bekerja jauh lebih besar, Gemblong tidak mau ambil resiko. Beberapa part mesin digantikan dengan yang baru. Seperti kruk as, gigi rasio, dan juga kopling diganti agar lebih fresh dan kuat.

Untuk turbo sendiri, Gemblong mengadopsi produk IHI Turbo RHB32. Sejatinya, part ini biasa digunakan untuk mesin berkapasitas 600 hingga 900 cc. Namun dia sengaja memilih tipe ini dengan sedikit dimodifikasi bagian kipas dan lubang isap turbo. Sehingga, sesuai dengan kapasitas mesin Thunder.

“Turbo dipatok membuka hanya 0,5 bar dan mulai bermain di 5.800 rpm. Efeknya sangat terasa. Saat turbo mulai bekerja, motor langsung menghentak dan wheelie jika grip gas terus diputar,” ucap pria campuran Jawa-Bali ini.

Menyesuaikan ubahan mesin yang extreme, bagian kaki-kaki ikut diubah. Teromol menjadi perhatian utama. Karena karet teromol belakang sering hancur akibat hentakan besar yang dikeluarkan mesin, teromol diganti milik KTM 250. Sedangkan ban, pakai tipe kompon lunak agar grip bisa maksimal. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan : Battlax 120/60-17
Ban belakang : Battlax 150/60-17

Pelek: Baros
Sok depan : Marzocchi

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular