Pentingnya Jalur Emergency di Event Adventure, Agar Tak Terjadi Insiden Terjebak di Hutan

Motorplus - Selasa, 14 Januari 2014 | 10:18 WIB

Motor terpaksa digotong

Masih tentang kejadian terjebaknya ratusan pemotor adventure di Trenggalek akhir tahun lalu, MOTOR Plus sempat berbincang banyak dengan komunitas Merah Putih Project (MPP). Komunitas adventure ini kerap nyusruk di wilayah Jawa Timur. Banyak hal yang harus diperhatikan penyelenggara sebelum mengadakan event seperti ini.

“Beberapa hal memang harus diseriusi. Tim surveyor membuka jalur awal harus jeli memperhitungkan tingkat kesulitan. Tidak semua peserta expert, ada juga yang pemula, makanya harus dihitung benar,” buka Ridho Faisal dari MPP.

Bucek, artis yang juga penyuka adventure bermotor, juga kami mintai pendapatnya. Pembuka jalur dan panitia harus jeli mengetahui titik mana yang rawan nyasar atau kendala saat diterabas. Selain itu, panitia juga harus lebih memahami bahwa tidak semua peserta memiliki skill sama. “Harus ada pembeda antara expert dan pemula. Semata agar tidak stagnan ketika terjadi masalah,” yakin Bucek yang ngobrol bareng MOTOR Plus di Medan, Sumatera Utara.

Ridho alias Isal dari MPP masih menambahkan. Menurutnya lagi, panitia mesti membuat jalur emergency untuk keluar ketika kondisi trek tidak memungkinkan dilewati. “Terlebih sekarang musim hujan. Pasti banyak kendala. Sebab trek bermasalah biasanya akan berefek domino. Tim sweaper juga harus ada di titik yang diperkirakan bermasalah. Ini memang harus sudah diantisipasi panitia.”  (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular