Kode Kerusakan Injeksi, Cek Melalui Malfunction Indicator Lamp (MIL)

Motorplus - Minggu, 2 Februari 2014 | 18:42 WIB

Kedipan panjang, artinya puluhan

Meskipun teknologi injeksi terus berkembang, tetapi kode yang diterapkan di satu merek pacuan akan tetap sama. Misalnya di Honda. Sejak era Supra X125 injeksi meluncur di 2005 hingga kini di New Revo FI, kode yang ditampilkan sama saja. Hanya saja, ada beberapa penambahan. Tergantung banyaknya sensor yang diaplikasi motor.

Sobat bisa pantau lewat MIL (Malfunction Indicator Lamp). Sistem kode MIL, terdiri dari puluhan dan satuan. Untuk satuan, akan ditandai dengan kedipan cepat. Dan, lamanya waktu setiap kedipannya sekitar 0,3 – 0,4 detik. Sedangkan puluhan, ditandai dengan kedipan panjang. Misal, 21. Maka, ada 2 kedipan panjang dan satu kedipan cepat.

Mulai dari kode ya. Kode 1. Kode ini mengartikan ada kerusakan MAP Sensor. Kerusakan ini bisa disebabkan kontak part longgar atau kegagalan pemakaian MAP Sensor dan rangkaiannya. Lanjut ke kode 7. Kode ini memberitahukan bahwa ada kegagalan dari fungsi ECT sensor. Efek yang dihasilkan, mesin jadi sulit dihidupkan ketika suhu mesin rendah. Misalnya di pagi hari. Lanjut! Kode 8. Delapan kedipan yang dihasilkan mengindikasikan kegagalan fungsi TP sensor. Jika TP sensor bermasalah, maka akselerasi pacuan jadi lambat.

Kode 9, terjadinya gagal fungsi IAT sensor. Kerusakan injektor, berada di kode 12. Kode kerusakan 21 mewakili kerusakan dibagian O2 sensor. Meski terjadi kegagalan fungsi sensor canggih ini, mesin pun masih bisa beroperasi. Tapi, tentunya data yang diberikan tidak presisi. Kode 29, IAVC sensor. Akibat yang ditimbulkan, mesin sulit dihidupkan dan stasioner menjadi tak normal. Bahkan bikin engine mogok hidup. Terakhir, kode 54. Kode ini buat Bank Angle Sensor. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular