Honda Tiger 2001 Purbalingga, Aplikasi Komponen Limbah Moge Di Minimalkan

Motorplus - Kamis, 6 Februari 2014 | 08:42 WIB

Pada konsep ubahan bergaya street fighter (SF), nuansa sangar bisa diakali dengan permainan bodi. Tetapi komponen kaki-kaki bisa memakai komponen aslinya. Seperti modifikasi pada macan besi alias Honda Tiger lansiran 2001 milik Agus Riyanto asal Kota Knalpot, Purbalingga, Jawa Tengah.

“Aplikasi komponen mahal seperti limbah moge saya minimalkan. Seperti motor ini, sok depan masih saya pertahankan orisinil. Cuma, kaki-kaki buritan yang diubah modern dengan komponen monoshock Yamaha V-ixion. Secara tampilan, saya bentuk bodi sangar namun untuk komponen kaki-kaki lebih sederhana,” buka Nur Iskandar dari rumah modifikasi 1st Modification, Purwokerto, Jawa Tengah.

Contohnya desain bodi ala SF yang memang bergaya Banyumasan. Cirinya, menonjolkan bentuk serba lancip dan bergaris tegas. Seperti pola tangki yang berlekuk namun terlihat dinamis. Bagian atas dibuat sedikit lebar namun berlekuk pada bagian tengah. Terlihat apik dengan pola menyempit pada bagian belakang tangki yang fungsional dan mudah dijepit saat kala sang pemilik riding.

Material fiberglass dibuat halus dan nyambung dengan bentuk sayap tangki dengan bentuk menjulur ke bawah. Sekilas, mirip dengan model shroud Kawak Z250 baru.

“Namun kali ini, saya buat lebih pipih, karena memperhitungkan dimensi secara proporsional. Sebab secara keseluruhan tampilan bodi mengejar bentuk slim agar lebih indah dilihat,” papar modifikator yang mangkal di Jl. Raya Beji, No. 14, Karang Salam, Purwokerto, ini.

Lampu Robot

Makin terlihat padat pada bagian mesin. Apalagi modifikator beken disapa Iis ini membungkus bagian bawah mesin dengan air scoop lancip. Walaupun arahnya konsen pada bentuk ramping, namun tetap terlihat apik dengan bodi padat. Terlebih memakai tampilan deltabox dengan model kurus. Nyambung dengan bentuk buntut belakang yang juga imut.

Lewat permainan ini, konsep slim yang dituju bisa dikejar sempurna. Namun, Iis tetap ingin memperlihatkan kesan street fighter sangar. Maka itu, kesan robot yang futuristik dihadirkan di bagian headlamp. Mengusung bahan fiberglass, desainnya mata dibikin dari lampu foglamp variasi mobil. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban depan

: Swallow 110/70-17

Ban belakang

: Swallow 160/60-17

Lampu depan

: Foglamp

Lampu belakang

: Honda Revo

1st Modification : 0813-9130-5758

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular