Pemberat Motor Drag Bike, Dibaut Lebih Kuat, Tak Membahayakan Dragster dan Penonton

Motorplus - Jumat, 7 Februari 2014 | 10:17 WIB

Posisi pemberat bisa manfaatkan dudukan standar tengah

Di ajang drag bike, bila bobot pacuan plus joki kurang dari regulasi yang diberlakukan, biasanya mekanik mengakalinya dengan menambah pemberat di motor. Beban tambahan tersebut kadang memanfaatkan komponen motor. Misalnya; gir, bandul kruk as, perkakas bengkel dan sebagainya. Itupun dipasangnya pakai pengikat seadanya.

Pemberat bikinan dengan beragam bobot

Nah, sudah beberapa kejadian motor dragbike melintir lalu jatuh. Pemberatnya terlepas dari ikatan dan kemudian mental menghajar penonton. Iiihh.. seyem! "Kalau di motor kami, pemberatnya dirancang khusus. Kemudian pemasangannya dikacing pakai baut, tak mudah lepas," bilang Indra Gunawan, punggawa Gofai (GF) Racing Team di Jl. Joglo Raya, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Di atas pemberat dibuatkan pegangan

Pemberat dibuat dari lempengan besi yang dipotong persegi kotak dengan beberapa tingkat ketebalan dan berat. "Ada yang 1 kg, 2 - 4 kg. Tiap lempengan bisa ditumpuk atau disatukan bila berat yang dibutuhkan lebih banyak. Penyatuannya juga dikacing pakai baut. Kemudian dipasang di dudukan standar tengah," aku Ocien, mekanik GF Racing Team. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular