Bursa Laher Roda, Patut Diganti Setiap Menempuh jarak 4.000 KM

Motorplus - Jumat, 7 Februari 2014 | 08:38 WIB

Bearing aftermarket, ukuran menentukan harga

Komponen yang satu ini banyak ditemukan di bagian mesin kendaraan. Yup, fungsi benda berbentuk bulat dan bolong ini sebagai pengurang gesekan antara komponen bergerak. Jadi proses keausan bisa jalan lebih lambat.

Contohnya laher roda. Part ini memang lebih mudah dijumpai di toko spare-parts karena lebih cepat haus dibandingkan bearing di bagian lainnya. Sebab, selain mengurangi gesekan, laher roda juga kerap ikut meredam kejutan yang terjadi jika roda melewati jalan berlubang. Makanya usia pakai jadi lebih pendek.

“Kenyataannya part ini baru diganti kalau sudah rusak. Gejala yang dirasakan yakni munculnya goyangan di bagian roda. Namun jika dilihat pada standar pemakaian di kemasan, harusnya ini diganti setiap motor menempuh jarak 4.000 Km,” ujar Krisna pemilik XO Motoshop.

Masalah harga cukup bervariasi. Tergantung jenis bearing yang digunakan. Bearing OEM umumnya sudah memiliki patokan harga khusus untuk setiap modelnya. Sedangkan untuk part aftermarket, harga tergantung dengan bahan dan ukuran dari laher itu sendiri.

“Harga laher roda cukup stabil alias jarang mengalami kenaikan harga. Stok barang juga banyak tersedia. Bisa dipastikan hampir seluruh model ready stok,” sebut Dewi petugas bagian spare-parts dari Honda Palmerah Motor.

Selain komponen OEM, ada juga beberapa bearing aftermarket dijual di pasaran. Umumnya merek aftermarket ini diimpor langsung dari luar negeri. Makanya jika ada kenaikan harga dollar, komponen ini lebih cepat mengalami kenaikan harga dibanding produk OEM.

“Harga bearing aftermarket cenderung lebih mahal dari OEM. Umumnya mereka menawarkan sesuatu yang lebih. Seperti lebih kuat, lebih ringan dan sebagainya. Makanya harga jual yang dipasang jauh lebih tinggi,” tambah Krisna.

Untuk sobat yang ingin mengganti bearing roda motor, sebaiknya mencatat kode yang tertulis pada bearing. Dengan begitu sobat bisa lebih mudah mencari bearing yang pas dan cocok. Jangan lupa, untuk penggantian bearing roda disarankan sepasang kanan-kiri. Jadi bisa berfungsi lebih optimal. (www.motorplus-online.com)

Honda

Supra X 125 FI

depan
Rp 16.500

                        belakang
Rp 21.000

New Mega Pro

depan
Rp16.500

                        belakang
Rp 23.500

Revo

              depan
Rp 18.500

                       belakang
Rp 25.500

Tiger

             depan
Rp 19.500

                      belakang
Rp 25.500

Kawasaki

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular