Kabel Gas Satria F-150, Bisa Setengah Harga, Kalau Mau Pakai Milik Honda Supra X!

Motorplus - Rabu, 12 Februari 2014 | 15:08 WIB

Bisa pakai kabel gas milik Honda Supra X

Dalam sepeda motor, kabel gas punya peran yang sangat penting. Part ini berfungsi untuk mengatur putaran mesin sesuai dengan gerakan di selongsong gas. Makanya, jadi masalah besar jika part satu ini sampai rusak.

Susahnya lagi, posisi kabel gas pada sepeda motor tidak terlihat. Selain dilapisi selongsong kabel, letak kabel gas diselipkan di balik cover body. Jadi, lebih sulit untuk mengontrolnya.

Buat sobat penunggang Suzuki Satria F-150 yang mengalami masalah putus kabel gas, Yuda yang pemilik Ceper Speedshop punya trik jitu agar biaya yang keluar lebih sedikit. Pria yang akrab disapa Ceper ini, memasangkan kabel gas Honda Supra X di F-150 miliknya.

“Selain lebih mudah dicari, harga kabel gas Supra lebih murah dibandingkan Satria. Kabel Supra hanya dibanderol Rp 20 ribu, sedangkan milik Satria umumnya dikasih harga Rp 40 ribu. Bisa lebih irit 50%,” ucap Ceper yang bengkelnya di Jl. Curug Pekansari No. 57, Cibinong, Bogor, Jawa Barat.

Bukan cuma harga, bentuk ulir bagian atas yang masuk ke selongsong gas juga jadi perhatian. Kalau bentuknya beda, kabel gas tidak bisa terpasang. Kebetulan, bentuk ulir kabel gas Supra dengan F-150 sama. Jadi, bisa langsung pasang.

Meski ulir bagian atas punya dimensi yang sama, bukan berarti tidak ada yang harus diubah. Kabel gas Supra punya dimensi yang sedikit lebih panjang. Jadi, harus dipotong terlebih dahulu agar selongsong gas di setang tidak los ketika diputar.

“Bedanya tidak terlalu panjang, hanya sekitar 5 cm saja. Untuk patokan panjangnya, sobat bisa mencontek panjang kabel gas orisinil F-150 yang sobat ganti. Kalau tidak mau repot, potong saja bagian bawahnya sepanjang jari kelingking tangan,” wanti Ceper.

Nah, agar kabel gas bagian bawah bisa mengunci sempurna di karburator, sobat harus memasangkan nepel. Baut nepel mudah dicari di bengkel-bengkel umum. Banderolnya juga murah, cuma seribu rupiah saja.

Kalau sudah dipasang, langkah selanjutnya sobat tinggal mengatur jarak main selongsong gas. Caranya dengan memutar mur setelan yang berada di bagian atas selongsong kabel gas. Jangan lupa, kasih sedikit ruang bebas di selongsong gas setelah penyetelan selesai.

Gampang dan jauh lebih murah! (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular