Tes Blok Yamaha Soul GT, Cuma Aplikasi Komponen Bolt On, Hasilnya Naik 2,68 dk dan 3,16 Nm

Motorplus - Selasa, 18 Februari 2014 | 08:50 WIB

Agar kenaikan power dan torsi bisa maksimal, imbangi ECU programable

Upgrade performa mesin skubek enggak ada matinya. Kawahara Racing, kali ini meluncurkan paket bore up untuk Yamaha Soul GT ke pasaran. Paket bore up ini, berisi piston diameter 58,5 mm, pen piston, paking set, ring piston dan tentunya blok silinder. Pokoke tinggal pasang. Part pendongkrak performa itu pun dibandrol Rp 900 ribu.

Oh ya! Karena Soul GT punya spek mesin yang sama dengan generasi Mio injeksi, jadi part ini juga bisa diaplikasi di skubek Yamaha lainnya. Seperti, Mio GT, Mio J atau Fino FI.

Nah, untuk mengetahui peningkatan performa motor, part diuji di atas mesin Dynotest kepunyaan Ultraspeed Racing di Jl. Panjang, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Menggunakan Yamaha Soul GT, tolak ukur awal ingin dicari lebih dulu. Sebelumnya, Soul GT ini sudah adopsi injektor Yamaha V-ixion, kem custom & knalpot racing.

Dirunning, diatas mesin dyno hasilnya, Soul GT punya power 7,13 dk/8.969 rpm dan torsi 7,79 Nm/6.458 rpm. Setelah perbandingan awal didapat, enggak pakai lama lagi Soul GT dibongkar. Sepaket blok 58-an (156 cc) itu pun nemplok di mesin. Squish masih standar.

Sepaket blok 58-an bikin kapasitas silinder Soul GT jadi 156 cc

Langsung saja, motor kembali dites dyno untuk mengetahui hasil akhirnya. Hasilnya, enggak sia-sia. Sebab kini, powernya berada pada angka 9,81 dk/6.383 rpm dan torsi  10,95 Nm/6.383 rpm.

Bila dilihat dari kenaikan usai dibore up 156 cc, power naik 2,68 dk dan torsi 3,16 Nm. Menariknya, untuk mendapatkan power yang lebih besar itu, mesin tidak perlu bergasing terlalu tinggi. Sebab kini, di putaran 6.300 rpm pun tenaga sudah melonjak. Begitu juga dengan torsi!

Namun, kenaikan sebesar ini belum sempurna. Pasalnya, komponen Electronic Control Unit (ECU) masih standar. Artinya, maping masih disesuaikan dengan kondisi motor sebelum bore up.

“Naik power dan torsinya sudah bagus. Lebih bagus lagi kalau didukung aplikasi ECU programable, pasti kenaikannya bisa didongkrak naik makin tinggi,” bilang Freddy A. Gautama, owner Ultraspeed Jl. Panjang, Jakarta Barat. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular