Gunung Kelud Meletus, Lampu On dan Helm Tertutup Mengamankan Bikers Dari Hujan Debu

Motorplus - Jumat, 14 Februari 2014 | 14:48 WIB

Erupsi Gunung Kelud di Jawa Timur yang menambah daftar bencana nasional memang sangat luar biasa. Sebab Kota-kota yang sangat jauh dari lokasi letusan gunung aktif itu juga kena dampaknya. Seperti di Tasikmalaya-Jawa Barat, Semarang-Jateng, Jogja bahkan sampai wilayah Indonesia Timur seperti NTT.

Akibatnya sejak malam hingga siang ini (13-14/2), beberapa wilayah tersebut dihujani abu vulaknik dengan ketebalan bervariasi, seperti di kota Jogja yang terlihat seperti malam hari lantaran debu yang turun begitu tebal.

Untuk meminimalkan terjadi kecelakaan fatal ada baiknya pengendara motor selalu berhati-hati dalam berkendara. Pastikan lampu utama selalu nyala dan rem belakang tetap berfungsi, serta gunakan helm yang tepat selain memanfaatkan masker penutup hidung saat riding.

Biar fungsi lampu utama dan helm tetap maksimal, saat peranti tersebut terkena tumpukan debu usahakan jangan langsung diusap menggunakan telapak tangan agar tidak mudah baret akibat gesekan. Akan lebih baik jika dikebet dulu dengan kain kering guna mengurangi tumpukan debu.

Penggunaan helm sebaiknya yang tertutup atau dengan ukuran mika kaca lebih besar. Akan lebih maksimal lagi jika bagian atasnya dilengkapi pet atau pelindung kaca, sehingga hujan debu bisa dihadang. Dan yang paling terpenting, selalu hati-hati dalam berkendara. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular