Musibah Gunung Kelud, Berkendara di Antara Abu Vulkanik

Motorplus - Jumat, 21 Februari 2014 | 17:06 WIB

Seputaran Tugu Jogja berdebu

Sebagai kawasan ‘cincin api’, Indonesia rentan bencana. Kamis (13/2) Gunung Kelud yang terletak di Jawa Timur meletus. Sebelumnya di Sumatera utara, Gunung Sinabung juga melepaskan material dari dalam perutnya sejak pertengahan September tahun lalu.

Meski dikelilingi oleh ratusan gunung berapi yang kapan saja bisa meletus, masyarakat Indonesia sudah semakin belajar. Termasuk kalangan pengendara yang tetap harus beraktivitas di tengah badai debu yang pekat.

MOTOR Plus memantau di dua lokasi Surabaya dan Jogja yang terdampak parah. Beberapa pengendara motor yang ditemui MOTOR Plus mengaku memiliki tips yang mengurangi dampak ini. Annisa Sukma, seorang pegawai di daerah Surabaya mengatakan selain pakai masker juga pakai jas hujan supaya baju atau jaket enggak terkena abu. “Maklum baju kerja saya putih takutnya pakai jaket masih tembus,” katanya.

Surabaya tertutup abu

Eko Wahyudi, seorang pengendara menambahkan. Selain pakai masker dan helm full face untuk mencegah abu masuk dari hidung atau mulut.

Saryanto seorang pengendara di Jogja mengatakan dengan kondisi debu yang tebal seperti ini pasti bakal membuat kinerja motor berkurang karena filter akan sangat kotor.

“Perawatan saringan udara sangat penting. Tapi, kondisi seperti sekarang ini masih belum dilakukan. Karena jalan masih berdebu tebal dan sebagian bengkel juga tutup,” bilangnya.

Semoga dengan berbagai kejadian yang kerap menimpa Indonesia semakin membuat kita dekat dengan alam dan Tuhan. Aminn... (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular