Tes Rendam Yamaha Mio GT, Bagian ECU Tetap Perlu Dikeringkan Meski Soket Kedap Air

Motorplus - Sabtu, 22 Februari 2014 | 13:00 WIB

Ada sedikit air dan endapan tanah di ECU, namun bukan masalah

Penasaran dengan kondisi ECU (Electronic Control Unit), Em-Plus pun melakukan pengecekan. Soale, ECU inilah sebagai otak di motor injeksi. Tak hanya sebagai otak pengapian, tetapi juga otak sistem part keseluruhan.

Maka itu, soket ECU pun dicabut. ”Sebenarnya, ECU dan soket-soket sudah dirancang kedap air. Jadi, jika soket tidak sering dibuka, air pun tidak bisa masuk,” ungkap Slamet yang juga pernah menangani divisi Racing era tahun 90-an di YIMM.

Namun ternyata, air terlihat ada di pin-pin di ECU. Maklum, sebelum direndam, Mio GT ini juga pernah melakukan pengetesan ECU racing beberapa kali. Mungkin, ada bagian yang tidak presisi dari ECU racing yang pernah dipasang.

Meski ada air dan endapan tanah di soket dan pin ECU, Em-Plus cukup menyemprot dengan angin kompresor. Setelah itu, dikeringkan lagi dengan cara dijemur di bawah terik matahari selama beberapa waktu. Hasilnya, ternyata tidak ada masalah. Karena bagian dalam ECU memang dirancang kedap. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular