Club Event di Ajang Drag Bike Berstatus Kejurnas? Tim dan Dragster Butuh Kejelasan!

Motorplus - Minggu, 23 Februari 2014 | 13:07 WIB

Status kejurnas belum jelas

Status kejurnas ajang adu kebut lintasan lurus alias drag bike masih kerap dipertanyakan para pelakunya. “Soalnya ada beberapa event dilabel kejurnas, tapi ujung-ujungnya gak jelas,” papar Saiful Cibef yang tahun lalu ngegas di bawah payung tim Tomo Speed Shop.

Tidak seperti di road race, ada Motoprix (MP) atau di motocross dan grasstrack. Pembalap yang berhasil mengumpulkan poin tertinggi didaulat sebagai juara nasional. Nah, di drag bike hingga saat ini gak ketahuan tuh siapa juara nasional tahun lalu.“Tapi di club event kayak Tredy Promo Mandira (TPM) atau TDR, jelas. Aturan dan hadiah juga jelas. Makanya tiap seri mereka, selalu kami ikuti. Meski harus ke luar kota,” tukas Cibef.

Indra Gunawan, bos Gofai Racing di Joglo, Jakarta Barat saat ditanyai soal event berlabel kejurnas ala PP IMI, justru malah taunya status kejurnas ada pada gelarannya TPM. Tapi, pada kenyataannya, event lain pun tak jarang mengusung label kejurnas.

Contoh ketika berlangsung salah satu seri Fast Engine Drag Bike Championship di Cikarang, Jawa Barat akhir 2013 lalu yang digelar oleh Oxygen dilabel kejurnas (seri VIII). “Kami enggak tahu ini seri kejurnas yang mana. Soalnya gak jelas,” papar Utomo, bos tim Tomo SpeedShop.

Lucunya, regulasi yang diberlakukan pun kadang beda-beda. Salah satunya soal bobot. “Di timur (Jawa Timur, red) kadang aturannya begini, eh.. begitu main di tengah (Jawa Tengah, red) atau Jakarta, beda lagi. Tapi, kami manut aja karena sudah antisipasi hal tersebut,” tukas Indra.

Oh iya, dari jadwal kejurnas drag bike yang Em-Plus dapat dari PP IMI, tahun ini total ada 10 seri bakal digelar. Seri pertama dan kedua di Jawa Timur (2 Maret & 3 Mei), selanjutnya Gorontalo (11 Mei), Sulawesi Selatan (18 Mei), Sulawesi Barat (25 Mei), Jawa Timur (22 Juni), Jawa Barat (10 Agustus), Sulawesi Tenggara (24 Agustus), Sulawesi Tengah (7 September) dan terakhir di Sumatera Utara (28 Spetember).

“Wah, kalau sampai mesti main ke luar pulau Jawa kayak Sulawesi gitu mungkin banyak yang gak ikut. Apalagi jika status, penyelenggara dan ujung-ujungnya (hadiah, red) gak jelas,” kaget Indra ketika dikasih tau jadwal event dragbike dari PP IMI.

“Peserta tidak diwajibkan ikut seluruh seri. Tapi kalau mereka ingin dapat point banyak, ya silahkan ikuti semua serinya,” bilang Bambang Kapten, Komisi Drag Bike PP IMI. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular