Grasstrack Bakal Jadi Supporting di Kejuaraan Nasional Motocross 2014

Motorplus - Senin, 24 Februari 2014 | 09:07 WIB

Kejurnas motocross tahun ini dipastikan akan digelar jadi satu dengan grasstrack. Balapan nasional SE sudah bukan lagi balapan sendirian. Grasstrack akan dijadikan supporting race untuk kejurnas motocross.

“Ini akan dilakukan untuk seri di luar Jawa dan Bali. Masalahnya putaran di luar Jawa dan Bali, hanya satu kelas saja yang wajib dan dihitung poinnya,” ujar Frans Tanujaya, Kabid Balap Motocross dan Grasstrack PP IMI.

Seperti MOTOR Plus edisi sebelumnya (edisi 781), kejurnas SE di luar Jawa dan Bali hanya menggelar kelas MX2 Nasional. MX2 Nasional kategori tertinggi SE 250 cc untuk kejurnas motocross.

Dari 12 seri total, ada 6 putaran balapan nasional SE di luar Jawa dan Bali. Sulawesi kebagian Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara.

“Kalau mengadakan cuma balapan MX2 aja, banyak waktu kosong. Sayang banget, kan. Makanya, supporting classnya diisi kelas grasstrack lokal,” kata Andi Kasim Alwi alias Acin, koordinator motocross dan grasstrack untuk wilayah Sulawesi.

Sumatera sendiri kejurnas motocross digelar di Aceh dan Sumatera Selatan. “Grasstrack pasti jadi supporting class. Pas banget dengan keinginan Ketua Pengprov IMI Aceh yang ingin memajukan dan memperkenalkan grasstrack di Aceh,” ujar Erwin Irham, Koordinator Grasstrack dan Motocross Wilayah Sumatera.

Di Kalimantan kejurnas motocross akan mampir di Kalimantan Timur. “Ini masih dipertimbangkan apakah akan digabung atau enggak. Cuma kalau enggak digabung, balapan cuma sehari,” ujar Abu Thalib dari Pengprov IMI Kaltim.

Benar yang diucapkan Acin dan Abu kalau hanya menggelar MX2 Nasional banyak jadwal yang kosong. Hitungannya latihan 1 jam dan QTT 1 jam. Balapannya 30 menit plus 2 putaran untuk satu moto. Kalau dua moto, total waktu yang dibutuhkan sekitar 1 jam dan 15 menit.

Kalau begitu, waktu total yang di-tambah jadwal istirahat dengan menggelar MX2 Nasional maksimal 6 jam. Berarti cukup sehari saja gelaran MX2 digelar.

“Persoalannya rancangan sirkuit. Harus bisa dibagi dua untuk grasstrack dan motocross,” tutup Abu. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular