Perawatan Pasca Abu Vulkanik, Patut Perhatikan Perangkat Pengereman yang Bisa Overheat

Motorplus - Kamis, 27 Februari 2014 | 11:43 WIB

Perangkat pengereman tidak luput dari bahaya abu vulkanik. Menumpuknya abu pada permukaan cakram atau teromol, bisa mengurangi daya cengkram rem. Bahkan, bila tidak cepat dibersihkan, bisa memperpendek usia perangkat pengereman.

“Butiran debu yang kasar, bisa merusak permukaan cakram atau teromol. Imbasnya, kampas rem cepat habis. Hati-hati juga dengan tumpukan debu di piston kaliper rem. Jika dibiarkan, piston bisa baret akibat tergores silika di debu vulkanik,” tegas Riyono selaku Prototype Development PT Yutaka Manufacturing Indonesia yang menyuplai disc brake motor Honda.

Untuk menghindari masalah ini, sobat harus membersihkan peranti pengereman. Bagian disc brake, dicuci dengan air sabun sambil disikat. Pastikan juga lubang di disc brake bersih dari tumpukan debu vulkanik.

Sedangkan untuk kaliper rem, cukup bersihkan dengan air sabun. Copot kampas rem terlebih dahulu agar proses pembersihannya lebih mudah.

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular