Subtitusi Part KTM Duke 200, Jangan Takut Beberapa Item Bisa Pakai Part Motor Umum

Motorplus - Kamis, 6 Maret 2014 | 12:00 WIB

Biar ringan pakai kabel koling Tiger

Populasi KTM Duke 200 di Indonesia terbilang lumayan banyak. Bahkan saking luasnya tersebar di beberapa wilayah tanah air, motor pabrikan Austria itu kini memiliki komunitas Indoc (Indonesian Duke Owner Community) dan berbasis di Jakarta.

“Walau diminati dan beredar dimana-mana, sayangnya motor premium ini kurang didukung after sales-nya. Bahkan beberapa dealer ada yang tutup dan pindah ke lokasi lain, sehingga beberapa pemilik kesulitan mencari komponen fast dan slow moving-nya,” kata Diang Anugra Arvini asal Balikpapan, Kalimatan Timur.

Beruntung buat pemilik KTM Duke 200 yang ikut di komunitas Indoc. Beragam informarsi bisa disharing, termasuk menggali data subtitusi part buat KTM Duke 200 dari komponen motor lain. Contoh informasi dari Diang atau info dari Om Joe, Aries, Eddie dan Anton yang tinggal di Jakarta dan sama-sama pakai motor ini.

Gir set Honda GL Series dan Tiger

“Dari pengalaman mereka yang sudah pernah ganti komponen dari motor lain, infonya kita sebar lagi ke teman-teman yang kebetulan ada di wilayah lain dan sulit cari bengkel resmi KTM. Apalagi subtitusi ini bermanfaat jika motor kita bermasalah di jalan,” ujar Iman Manopo alias Menyeng pemilik KTM Duke 200 di Jakarta.

Lanjut Menyeng, info subtitusi part paling banyak dishare dari Diang Anugra Arvini yang tinggal di Balikpapan. Berhubung dealer dan bengkel resminya pindah, beberapa part coba dia kanibal. Salah satu contohnya gir set bisa ganti sama punya Honda GL series (depan) dan Honda Tiger (belakang).

“Sayangnya kampas rem depan sampai saat ini belum ada subtitusinya. Tapi, buat kampas rem belakang bisa pakai Yamaha WR 200 atau Kawasaki Pulsar NS220 termasuk batang tuas rem dan kopling juga kabel gas. Lalu biar tarikan tuas kopling ringan, kabel kopling punya Tiger bisa jadi piklihan,” imbuh Menyeng.

Pijkan kaki depan bisa pakai Byson 

Komponen lain di Kawasaki Pulsar NS220 yang bisa dipakai oil filter, engine oil cap, radiator fan atau bisa pakai dari Ninja 250. Tak hanya itu, pijakan kaki depan dan as roda belakang bisa aplikasi part Byson dan Scorpio. Serta pilihan Busi NGK Iridium LK8AI-9 (6706) atau LKAR8A-9 (4786).

“Komponen penting lainnya adalah kampas kopling. Bisa pakai kampas kopling Bajaj BBG Roda tiga. Bentuknya mirip cuma ketebalan beda dikit,” begitu info yang didapat Menyeng dari Diang. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular