As Standar Tengah Skubek, Berikan Pelumas Agar Tidak Ngunci Gara-gara Karatan

Motorplus - Sabtu, 8 Maret 2014 | 07:18 WIB

Jalur becek baiknya lebih sering dicuci biar enggak karat

As standar tengah yang terpasang di sasis bagian bawah, fungsinya cuma sebagai penyangga. Batang besi itu, pegangan pada lubang dudukan dan terikat spi pegunci. Lalu standar tengah yang bergerak naik-turun. Wajar jika part ini rawan diserang karat dan tertumpuk debu campur air kotor. Jika minin perawatan, lama-lama bisa mengunci. Karena as-nya sulit berputar.

“Kalau sudah berkarat, berkerak atau bengkok, as standar tengah susah dilepas dan mesti dibawa ke bengkel bubut. Selain repot dan lama, ongkos kerjanya jadi lumayan,” terang Burhanudin alias Chepy, mekanik ChepyLuviin”79 yang kerap temui masalah ini di skubek.

As standar tengah dilumasi tiap 3 atau 6 bulan sekali

Padahal mekanik yang buka bengkel di Sawah Dalam, Kunciran, Tangerang itu, tidak pernah bosan peringatin ke pemilik motor agar selalu menjaga kebersihan bagian tersebut. Misal, mencuci bagian as standar tengah pakai air bersih bertekanan pasca motor kehujanan.

Lebih sip lagi jika part itu dilumasi juga usai dicuci. “Cara ini bisa dilakukan tiap 3 sampai 6 bulan sekali tergantung daerah yang sering dilalui,” imbuhnya. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular