Tes Motor Injeksi Tanpa Aki, Enggak Bisa Didorong Meski Motor Manual!

Motorplus - Jumat, 7 Maret 2014 | 07:37 WIB

Lakukan berbagai eksperimen agar lebih yakin

Banyak yang bertanya-tanya. Apakah motor sistem injeksi tidak bisa didorong jika akinya mati? Pasalnya, sistem injeksi hampir semua komponen bahan bakarnya butuh arus listrik buat kerjanya.

Misalnya pompa bahan bakar. Jika kunci kontak kita ON-kan, akan terdengar suara fuel pump bekerja. Memompa bensin agar terdorong menuju injektor. Tanpa aki atau akinya mati, rasanya mustahil.

Nah, MOTOR Plus sedikit penasaran soal hal tadi. Apakah jika aki tekor mesin tidak mau hidup meski diselah terus-terusan? Supaya kita yakin dan lebih tahu tahu lebih, kali ini kita bikin eksperimen motor injeksi tanpa aki. Alias semua aki dicabut dari motor.

Agar makin yakin, kita ambil secara acak line up dari masing-masing pabrikan. Mulai dari bebek, sport dan skubek. Sebagai perwakilan dan motor percobaan. Skubek diwakilkan Honda New Scoopy FI, sport pakai Yamaha New V-ixion Lightning dan bebek dari Suzuki Shooter.

Langkah, pertama ketiga motor ini dicabut akinya. Lalu, kita coba menghidupkannya dengan berbagai cara. Seperti kick starter, dorong untuk model sport dan bebek, adopsi aki bekas pasang yang rusak dan terakhir kita hidupkan pakai aki baru, lalu akinya dicopot dalam keadaan menyala.

Yuk, disimak di artikel selanjutnya ya bro! (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular