Tes Motor Injeksi Tanpa Aki, Hanya Honda New Scoopy FI yang Bisa Nyala Tanpa Aki

Motorplus - Jumat, 7 Maret 2014 | 15:01 WIB

Honda New Scoopy FI bisa diajak riding tanpa aki

Dari ke tiga motor yang dites, hanya Honda New Scoopy FI yang bisa hidup saat aki dicopot. Mulanya, aki yang terdapat di bawah dek kita keluarkan. Setelah keluar, kunci kontak diputar ke arah ON.

Saat standar dua diturunkan, kick starter mulai engkol. Blar, raungan engine Scoopy FI terdengar. Lah, kok bisa hidup? “Masih bisa hidup karena New Scoopy FI punya alat semacam kondensator, fungsinya sewaktu diengkol, ECU akan dibantu kapasitor yang mengeluarkan tegangan,” kata Sarwono Edhi, Technical Training Development PT Astra Honda Motor (PT AHM).

Pakai kick starter, motor masih bisa menyala

Sistemnya, kick starter kirim sinyal ke alternator, diteruskan ke regulator baru kapasitor bank. Dari kapasitor bank, arus listrik dialirkan lalu mengaktifkan fuel pump, Electronic Control Modul (ECM), injector dan koil. Hingga mesin hidup. Tetapi, tegangan ini cuma back-up, tidak disarankan digunakan secara terus menerus dalam periode lama. Pasalnya saat aki dicopot, walau mesin mati arus yang terjadi sangat kecil. Sehingga, bila dipakai dalam jangka waktu lama mungkin bisa merusak komponen injeksi. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular