Suzuki Thunder 250 2000 Bali, Rombakannya Kini Lebih Padat dan Berisi

Motorplus - Minggu, 9 Maret 2014 | 14:12 WIB

Tampilan motor yang mengacu pada konsep bobber, tentu identik dengan ubahan serba besar dan membulat. Paling kentara terlihat ada di sektor kaki-kaki, yaitu dengan menerapkan ban model gambot

Konsep bobber akhirnya disasar Gede Suandika untuk Suzuki Thunder 250 lansiran tahun 2000 miliknya. Sesuai dengan tujuan awalnya, pria yang bekerja sebagai Financial Controller di The Brezzes Resort & Spa, Bali, lantas coba order untuk proses restorasi Thunder pada Yudi Satria, builder Ape Kustom Motorcycle (AKM), yang ngendon di Jl. Perjuangan, No. 70, Cirebon, Jawa Barat. Pilihan ke AKM, karena workshop ini dikenal gape soal modif klasik ol skool.

“Intinya, pemilik motor ingin lebih menonjolkan nuansa bergaya bobber yang dianggap sudah klop sesuai postur tubuhnya. Makanya, Thunder kemudian dibuat makin padat berisi lagi dari bermacam sudut. Mulai dari unsur bodi, hingga bagian kaki-kaki yang menopang segi tampilannya tersebut,” ungkap Yuza, sapaan mesra modifikator berambut panjang ini.

Untuk proyek modifnya kali ini, Yuza terlebih dulu fokus pada sektor ‘tulang’ asli bawaan Thunder yang dianggap terlalu panjang. Akibatnya, rangka bagian tengah yang berada di bawah dudukan tangki dipapas. Setelah itu, dipasang lagi pipa bahan galpalum yang dibuat sedikit melengkung buat dudukan jok rider.

Sedangkan untuk buritannya, posisi boncenger sengaja tidak dipasang. Karena hanya ingin menerapkan jok model egois alias single seatter, yang merupakan ciri lain dari bobber.

“Tujuannya, guna mengejar kesan lebih ringkas. Terutama dibagian selepas sektor mesin. Tapi, agar tidak terlihat kosong melompong, di bawah jok lantas dibuatkan tabung sebagai penampung sistem kelistrikkan,” cuap Yuza, yang bergelar Sarjana Peternakan ini.

Bagian penampung bensin juga ikutan diganti. Tangki custom dengan bentuk seperti tetesan air atau beken disebut teardrops, lantas diterapkan. Dimensinya memang tidak terlalu besar, namun mampu mendongkrak tampilan. Sama halnya dengan pemasangan peranti detail yang lain, sebagai penguat identitas bobber.

Sektor kemudi terlihat simpel, dengan model yang lurus. Berikut pula penerapan lampu utama berbentuk bulat. Lantas, model knalpot dibuat macam botol. Ini, dianggap mampu menambah performa suara lebih ngebas.

Sedangkan untuk ajrutan depan, comot sok miliknya Yamaha Byson. Kemudian sok belakang, makin empuk karena memasang peredam kejut progressive suspension dari H-D Sportster. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular