Modifikasi Kawasaki Ninja 150 1997 Jogjakarta, Dari Start Sampai Finish Tetap Nyaman!

Motorplus - Kamis, 13 Maret 2014 | 13:47 WIB

Kawasaki Ninja 150 pacuan dari tim OTD Racing Team, Jogjakarta ini memang cukup mumpuni di arena balap lurus. Bermain di kelas Sport 155 cc standar, langganan naik podium dengan joki Gomo Muslih dan Eko Sulistyo.

Karakter yang dihasilkan dari ubahan yang telah dilakukan pada motor ini, menjadikan motor lebih mudah dikendalikan sang joki. Dari start sampai menjelang garis finish nyaman.

Apa saja yang telah dilakukan oleh Nugroho yang lebih tenar dengan sapaan Potter ini. “Yang pasti, ubahan pada mesin dan pemilihan komponen pendukungnya,” beber Potter mekanik yang berkaca mata ini namun enggak mirip dengan Harry Potter ini.

Terutama pemakaian knalpot yang menurutnya mampu mendongkrak performa hingga 20 persen. “Knalpot aplikasi dari Creampie yang dalam melakukan setingan tidak terlalu ribet,”bebernya.

Dengan pemakaian knalpot creampie ini, menurutnya setingan dilakukan pada bagian karburator dan saluran exhaust. “Untuk penyesuaian dengan saluran buang, karburator standar telah direamer lebih besar. Kini, menjadi 31 mm,” terangnya.

Selain itu, spuyer yang dipakai juga disesuaikan. Untuk spuyer, dipilih kombinasi pilot jet 65 dengan main jet sebesar 148. Sehingga, tenaga motor terasa lebih rata tanpa entakan pada tiap perpindahan gigi.

Berikutnya penyesuaikan yang lain dilakukan pada bagian exhaust port. Bagian ini, mendapatkan perlakuan yang extreme. “Kita perbesar saluran exhaust menjadi 28,7 mm untuk menyesuaikan dengan knalpot Creampie yang telah dipasangkan. Meski begitu, karakter mesin yang dihasilkan malah cenderung lebih halus sejak putaran bawah,”cocornya.

Lanjut bicara mengenai komponen sistem pengapian, mekanik berbadan irit ini mengambil otak pengapian dari Suzuki RC yang mempunyai beberapa keunggulan. Salah satunya, CDI ini masuk dalam jajaran CDI non limiter. Sehingga, tetap mampu bekerja pada putaran tinggi.

“Untuk menghasilkan loncatan bunga api yang besar pada busi, kita pilih koil dari YZ 125 yang dikombinasikan dengan CDI RC,” bebernya. Dengan komponen pengapian tersebut, menjadikan pengapian besar dan stabil. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

CDI: Suzuki RC

Knalpot: Creampie

Final gir: 13/39 mata

Transfer port: 42,5 mm

Koil: YZ 125

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular