Modifikasi Yamaha Scorpio 2005 Banjarnegara, Tergoda Ducati 848

Motorplus - Senin, 17 Maret 2014 | 06:41 WIB

Pesona tampilan Street Fighter (SF) khas West Jateng Style (WJS) begitu melekat pada modifikator dari wilayah Banyumas Raya. Seperti Galan Anggi Saputra, punggawa Galan Modified (GM) dari Kota Dawet Ayu, Banjarnegara, Jawa Tengah yang merupakan satu wilayah Karisidenan Banyumas. Modifikator muda ini piawai menjaga tradisi ubahan gaya SF yang dimilikinya. Seperti pada ubahan semplakan milik Awan Nugroho yang bekerja di salah satu tambang di Pulau Lombok.

Acuan konsep bergaya ala WJS berasal dari desain Ducati 848 yang memang bergaya SF murni. Namun, tentu saja ada penyesuaian pada aplikasi bodi dan bentuk secara keseluruhan. Sebab modifikator gaul disapa Galan ini meracik bentuk agar proporsional. Contohnya bentuk teralis yang merupakan ciri Ducati 848.

Pipa teralis depan menggunakan material pipa besi 0,5 inci. Tema ala Ducati diperagakan dengan model las yang rapi dan ringkas. Pipanya pun dibuat ringan, sebab tampilan ini hanya aksen visual.

“Bisa dicopot karena saya memakai sistem knock down pakai baut 12 mm. Sedangkan sasis teralis pada bagian buritan saya pakai bahan yang lebih kuat, sebab sub frame baru ini bukan hanya pajangan semata. Tapi, sebagai dudukan bodi belakang,” papar modifikator yang punya workshop di Jl. PKBM Handayani, Pingit, Rakit, Banjarnegara.

Selain sebagai dudukan bodi belakang, sub frame baru yang meggunakan pipa berdiameter 3/4 inci ini juga sebagai dudukan foot step boncenger. Makanya kekuatan menjadi prioritas selain mengejar tampilan yang keren. Tebal pipanya juga beda, jika untuk teralis depan hanya menggunakan pipa besi setebal 1 mm maka sasis buritan baru ini menggunakan pipa tebal 2 mm. Selain itu, rangkaian sub frame baru dibuat kokoh dengan mengelas langsung pada main frame asli Scorpio dibagian bawah jok. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban depan: Corsa 110/70-17

Ban belakang: Dunlop 130/80-17

Sok depan: Yamaha Byson

Lampu depan: Satria FU 150

GM: 0853-2930-5505

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular