Tes Ground Strap Koil Buatan, Terbukti Api Yang Disemburkan Lebih Stabil!

Motorplus - Jumat, 28 Maret 2014 | 08:42 WIB

Percikan api busi dengan ground strap (kiri), dan koil dalam kondisi standar (kanan)

Seperti janji EM-Plus di edisi lalu, sekarang waktunya buat lanjutkan tulisan membuat api busi lebih stabil dengan memasang ground strap. Koil dites menggunakan alat milik Ultraspeed Racing di Jl. Panjang No. 1, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Pengetesan dilakukan dengan kondisi kabel koil standar, dan dalam kondisi dililit dengan ground strap buatan seperti yang diulas di edisi lalu.

Alat pengetesan yang digunakan, bukan mengeluarkan hasil berupa angka. Tapi, percikan api oleh busi yang dikomando koil. Makanya, untuk perbedaannya sobat bisa lihat langsung di foto.

Pengetesan pertama pakai koil yang tidak dililit ground strap. Api yang dipercikan busi, terlihat berwarna kemerahan. Selain itu, api yang keluar juga terlihat besar kecil alias tak stabil. Ini, bikin tambah penasaran dengan api busi yang ditampilkan kabel koil yang dililit ground strap.

Puas memperhatikan percikan api yang keluar dari koil standar, pengetasan dilanjutkan dengan koil yang sama namun dililit ground strap.

Ternyata, api yang keluar terlihat sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan kondisi api yang dikeluarkan koil standar. Api koil yang dipasangkan ground strap juga tampak konstan. Jarang terlihat ada lonjakan api yang membesar atau mengecil seperti yang terjadi di koil standar.

"Pemasangan ground strap memang membuat api yang dikeluarkan koil bisa sedikit lebih besar. Selain itu, api dari koil bisa jauh lebih stabil. Memang tidak sebesar koil aftermarket yang include ground strap peningkatannya. Namun, cara ini lumayan mengangkat performa koil,” ujar Freddy A. Gautama yang owner Ultraspeed Racing.

Ground strap yang dipasang ini berfungsi sebagai penangkap frekuensi liar di kabel busi. Saat dipasangkan ground strap, listrik yang mengalir di kabel koil jadi lebih fokus karena teredam. Makanya, api yang dikeluarkan busi bisa stabil.

Untuk membuat ground strap ini, biaya yang dibutuhkan hanya Rp 15 ribu. Beli kabel antena sepanjang 3 meter seharga Rp 12 ribu, konektor kabel yang bisa ditebus seribu rupiah, dan isolasi hitam untuk membungkus seharga Rp 2 ribu. Tuh kan, pas! Cuma Rp 15 ribu saja. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular