Pasang Setang Jepit, Berikut Teknik Yang Sesuai Dengan Kenyamanan Pengendara

Motorplus - Jumat, 4 April 2014 | 13:18 WIB

Penggunaan setang jepit bikin tunggangan tampak lebih sporty

Penunggang motor sport yang ingin tunggangannya terlihat lebih sporty, banyak yang memasang setang jepit sebagai pilihan. Setang model ini memang sangat identik dengan pacuan adu kebut. Model yang ditawarkan di pasaran juga banyak. Makanya, menjadi salah satu part variasi buruan.

Buka baut pengikat braket untuk membuka setang standar

Untuk sobat yang ingin memasang setang jepit ke tunggangan, ada yang mesti diperhatikan karena harus ada penyesuaian. Langkah awal, melepas setang bawaan motor dengan membuka braket setang pakai kunci L6 atau kunci 10 mm. Lepas juga semua panel indikator yang menempel di setang. Agar setang jepit bisa terpasang, sobat harus menurunkan posisi segitiga sampai as sok depan menjulur ke atas. As sok ini yang akan dimasukan ke setang jepit.

“Kalau as soknya sudah menjulur ke atas, oli sok depan harus ditambah. Karena, jarak antara tabung sok dengan segitiga bawah semakin dekat dan rawan mentok. Tambah oli sok secukupnya sesuai diameter sok yang digunakan,” wanti Purwanto, mekanik Baru Motor Sport di Jl. Palmerah Barat No. 25, Jakarta Barat.

Tambah oli sok agar rebound tidak terlalu empuk

Lanjut ke proses pemasangan. Pastikan setang jepit yang dibeli punya diameter lingkaran yang sesuai dengan as sok depan  tunggangan sobat. Di toko variasi, ada juga setang jepit yang bisa digunakan di banyak lingkar as sok depan. Biasanya, di dalam kemasan tersedia converternya.

Saat setang sudah masuk ke as sok depan, sobat harus ukur sisa as sok yang terlihat. Pastikan kedua sisi punya panjang yang sama. Ini untuk mencegah terjadinya perbedaan panjang sok sebelah kiri dan kanan. Karena, berpengaruh juga terhadap rebound sok yang dihasilkan.

Naikan as sok depan hingga muncul di atas segitiga

“Sudut kemiringan setang, tinggal atur sesuai selera. Tak ada patokan khusus, karena setiap orang punya anatomi tubuh berbeda. Agar sudut kemiringan setang kanan dan kiri sama, cukup tarik garis lurus dari ujung setang kanan ke setang kiri,” tambah Wanto.

Pastikan tinggi setang bagian kanan dan kiri sama

Setelah itu, pasang deh semua panel ke setang baru. Jangan lupa, lakukan tes jalan. Sesuaikan kembali jika sobat merasa tidak nyaman. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular