Honda C70 1979 Surabaya, Motor Roda Tiga Andalkan Ball Joint Sebagai Kuncinya

Motorplus - Selasa, 25 Maret 2014 | 11:36 WIB

Kalau melihat gaya modifikasi yang diterapkan pada Honda C70 tunggangan Sandy, bisa dikatakan ubahan yang cukup sulit. Kenapa bisa dibilang begitu, lihat saja di bagian roda depan yang super rumit.

“Nggak begitu rumit sebenarnya jika sudah tahu titik permasalahannya. Justru, memasangnya yang memang rumit,” bilang Heri, modifikator yang kebagian cuztomized C70 menjadi roda tiga.

Kuncinya, ada di ball joint dan tie rod yang memakai milik mobil. Kemudian, tie rod disambung dengan as komstir custom supaya roda bisa mengikuti kemauan si pengendara. “Butuh 16 ball joint untuk mengawal titik-titik di bagian roda depan supaya bisa menyesuaikan kondisi jalanan,” terang mekanik berkumis tebal ini.

Untuk mengunci bagian roda depan supaya nggak jatuh ketika diparkir, Heri sengaja membuatkan dudukan di bagian sok depan. Ada dua dudukan yang terkoneksi dengan as roda depan. “Kalau nggak begitu, nantinya motor malah gampang rubuh. Selain itu, tiap ball joint dikawal baut yang lebih besar supaya nggak bisa bergerak berlebihan,” terang mekanik yang beralamat di Jl. Tempurejo 5, Surabaya, Jawa Timur.

Selain itu, untuk menahan motor ketika parkir. Heri sengaja memasang brake lock milik Yamaha Mio J, sekalian memindah rem belakang di tangan kiri sudah persis matik. “Mulai dari handle sampai kabelnya pakai Mio J,” bangga Heri yang sengaja bikin motor ini untuk maskot klub. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban depan: Corsa 100/70-17

Ban belakang: Corsa 110/70-17

Pelek depan: Champ 3,00X17

Pelek belakang: Champ 3,50X17

MBS: (031) 7175-7523

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular