Bikin Penahan Cipratan Air Di Kolong Spakbor Suzuki Skywave, Cegah Kotoran Bersarang Ke Mesin

Motorplus - Sabtu, 12 April 2014 | 07:28 WIB

Ampuh cegah kotoran masuk ke ruang mesin

Di bagian bawah sepatbor belakang Suzuki Skywave memang sudah dilengkapi karet penahan cipratan air dan hugger yang menyatu dengan boks filter udara. "Tapi, saat hujan atau melibas genangan air, tetap saja air yang kadang bercampur pasir atau tanah lolos masuk mengotori mesin. Susah ngebersihinnya," keluh Andi, pembesut Skywave keluaran 2009 asal Depok, Jawa Barat.

Suatu ketika saat ia lagi memperhatikan istrinya menyerok genangan air di teras rumah mereka. Terbesit ide di benaknya untuk membuat penahan cipratan air tambahan di kolong sepatbor skubek Suzukinya itu. "Busa penyerok air kan fleksibel. Bisa buat bikin penahan cipratan air tuh," pikirnya dalam hati.

Busa penyerok air dipotong kotak secukupnya sesuai lebar ban

Tak menunggu lama, kebetulan ada penyerok air lama yang tak terpakai, Andi pun langsung menanggalkan busanya. Kemudian busa tersebut dipotong berbentuk persegi kotak dengan panjang dan lebar secukupnya pakai gunting.

"Busa yang sudah dipotong tadi saya tempelkan di ujung hugger Skywave dengan cara diikat pakai kabel ties di kedua sisinya. Sebelumnya, bagian sisi kiri dan kanan hugger dilubangi sedikit pakai solder untuk lubang masuk kable ties," jelas Andi.

Busa diikat di ujung hugger pakai cable ties

Beres deh, dan ternyata triknya itu berhasil meminimalkan masuknya pasir dan tanah yang tercampur bersama air ke ruang mesin. Mau coba? (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular