Yamaha Mio Sporty 2008 Sungailiat-Bangka, Prototype Ala DP Yang Bukan Dewi Persik alias D’Fect Project

Motorplus - Senin, 14 April 2014 | 08:10 WIB

Ubahan pada Yamaha Mio yang dipilih Ferry Arizona berbeda dengan penyemplak skubek lainnya. Tidak condong Thailook atau street racing. Tapi, pede menerapkan konsep skubek prototype untuk masa depan.

Menurut cowok 24 tahun ini, jangan hanya perpaku satu konsep. Karena nantinya terasa cepat bosan. Makanya, coba pilih konsep beda,” cuap Dede, sapaan mesranya.

Sebagai rujukkan, Dede sambangi rumah modifikasi D’Fect Project (DP). Dede berkonsultasi pada Antoni dan Lusep Sugiharto, duet modifikator DP, tentang tema yang tepat. “Acuannya disepakati pada bentuk KTM Emoto (Electric Moto) yang punya tampilan serba futuristik. Ditambah lagi cover bodi serba lancip. Masih jarang yang memilih konsep tersebut,” ujar Dede.

Lagipula, masih jarang yang memilih konsep tersebut untuk dijadikan acuan modifikasi, “ cuap Lusep yang akrab disapa Eyang konseptor.

Mengejar konsepnya itu, rangka asli Mio kemudian dicopot. Sebagai gantinya, dipasang pipa anyar dari bahan seamless ¾ inci. Namun sebelumnya, dibikin mal terlebih dulu menggunakan pipa paralon untuk membuat dasar konstruksi rangka baru. Ini sebagai trial & error.

“Wheelbase mundur sekitar 15 cm. Sehingga diperlukan sistem penggerak yang menggunakan rantai dengan perbandingan gir 1 : 1, agar roda belakang bisa bergerak tanpa kendala,” timpal Antoni, owner DP yang bukan berarti sebutan Dewi Persik, tapi D’Fect Project.

Agar tampilan beda, seperangkat cover bodi dari bahan fiber dibikin guna menyesuaikan bodi anyar Mio. Namun Dede malah menjuluki skubek ini dengan panggilan Congcorang Prototype. Karena di beberapa bagiannya, terkesan melompong dan bahkan terlihat seperti bentuk dari jenis serangga yang biasa disebut congcorang.

Untuk sektor mesin, juga ikut kena upgrade. Dede serahkan pada Rivy Parex, rekannya yang gape utak-atik performa mesin. “Agar lajunya tidak brebet. Biar seimbang dengan tampilannya,” ungkap Dede yang bekerja sebagai admin di CV Sawit Tama Raya, Pemali, Bangka.

Sedangkan dalam pemilihan kelirnya, Dede serahkan pada Zetry Airbrush, di kawasan Pangkalpinang. Warna dasar putih sesuai STNK tetap dipertahankan, kemudian dikombinasikan dengan permainan motif airbrush oranye, kuning dan hitam sebagai pemanisnya. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Pelek: V. Rossi

Ban depan: FDR 110/70-14

Ban belakang: FDR 140/70-14

Rangka: Custom

DP: 082184461116

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular