Pasang Cover Sok Depan Yamaha X-Ride, Biar Kekar dan Berotot Custom Dari Cover Sok Depan Part Aftermarket Dari Motor Trail

Motorplus - Kamis, 10 April 2014 | 14:23 WIB

Pasang di area tabung suspensi depan

Yamaha X-Ride memang terlahir sebagai skubek dual purpose. Makanya, untuk arah modifnya bisa aplikasi gaya trail ataupun supermoto. Iya, mau style pacuan aspal atau besutan off-road. Nah, untuk gaya kedua motor ini perlu sedikit sentuhan. Selain area kaki-kaki yang harus mumpuni buat mencakar tanah dan membelah aspal, tentuya enggak kalah penting detail bodinya kudu menyiratkan besutan dua alam. 

Seperti pasang cover sok depan yang umumnya diaplikasi besutan trail macam enduro atau Spesial Engine alias SE. Lihat saja besutan ini, area sok depan pastinya sudah dilengkapi cover suspensi.

"Pada besutan trail, cover sok depan berfungsi untuk melindungi pipa teleskopik dari debu dan kotoran. Terutama dari tanah. Tentunya, agar tak mudah masuk ke bagian as sok," ujar Teguh dari bengkel Teguh Custom di bilangan Penggilingan, Jakarta Timur.

Nah pada Yamaha X-Ride, cover pelindung sok depan juga dapat dipasang layaknya besutan trail sejati tadi. “Selain itu, ketika aplikasi pelindung suspensi depan seperti ini, bikin kaki-kaki depan terlihat lebih kekar dan berotot. Terasa tampilan motor dual purposenya,” bilang Teguh lagi.

Namun sayang, tutup sok depan ini belum ada yang jual variasi bolt on di toko variasi. “Solusinya, harus custom dari cover sok depan part aftermarket untuk trail yang banyak beredar di pasaran,” lanjut mekanik bertubuh gempal ini.

Siapkan breket dan cover sok depan milik SE

Nah, untuk pasangnya ada beberapa part yang harus disiapkan. Tentunya sepasang cover shock depan bisa mengandalkan part variasi milik motor Special Engine macam Yamaha YZ, Suzuki RM, Kawasaki KX, atau Honda CR yang banyak beredar. “Kalau mau harganya lebih miring, bisa cari produk KW atau replikanya. Karena, part aslinya dijamin lebih mahal," lanjut Teguh.

Usi membeli part pelindung sok trail, berikutnya sobat juga musti siapkan breket pengikatnya. Bisa pakai klem dan dudukan cover dari pelat besi.  Dudukan cover shock ini harus dibuat dulu. Nantinya breket ini berfungsi untuk mengikat cover sok ke bagian tabung teleskopik.  Klem tadi, dilas ke pelat besi yang sudah dipotong kotak sesuai dengan model cover sok. Bikin breketnya cukup satu saja untuk tiap bagian shock-nya. Meski satu, tetapi kuat kok!

“Oh ya. Cover sok milik besutan Special Engine ini, dimesinya lebih panjang. Jadi, harus dipapas ujungnya dan disesuaikan dengan tinggi tabung sok depan milik X-Ride sendiri,” celetuk builder yang bisa dikontak dinomor HP. 0816-1693-942 itu. 

Nah, kalau breket sudah jadi, tinggal pasang peranti ini pada bagian pangkal tabung teleskopik. Baru kemudian, cover sok tersebut bisa diaplikasi pada breket yang sudah terpasang.

Beres kan…!  (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular