Yamaha 125Z 2003(Deli Serdang, One Two Five Jadi Primadona Grasstrack di Wilayah Sumatera Utara

Motorplus - Minggu, 20 April 2014 | 20:29 WIB

Yamaha 125Z jadi primadona pacuan grasstrack di wilayah Sumatera Utara. Pamornya malah mengalahkan besutan motor penggaruk tanah yang dasarnya dari motor sport seperti Kawasaki Ninja 150R atau KLX 150. Makanya tim-tim besar di Sumut banyak yang bangun Yamaha one two five sebutan dari Yamaha 125Z sebagai besutan andalan.

Seperti motor yang dibesut oleh Eza Lovinrock asal Langkat dari CV Nitra MX Team. Mampu jadi yang tercepat dalam ajang Motocross dan Grastrack yang bergulir di Namorambe, Deli Serdang, Sumatera Utara beberapa waktu lalu.

“Pacuan balap grasstrack di wilayah Sumut justru lebih ramai bebek modifikasi, untuk basik motor sportnya malah jarang peminat. Makanya masih jarang yang bangun Kawasaki Ninja 150R buat balap,” ujar Leo Sembiring, manajer sekaligus pemilik CV Nitra MX Team.    

Ubahan mesin dimulai dari memperbesar kapasitas mesinnya sesuai regulasi bebek modifikasi 130cc. “Biar blok standar aman, cuma oversize 100,” lanjut Leo lagi.

Lantas pengapian motor special engine dipilih untuk mendongrak putaran mesin bebek 2-tak ini. Mengandalkan copotan milik YZ125 lengkap mulai dari magnet, sepul sampai koilnya yang mampu bikin putaran mesin melejit. 

Melayani pengapian ini, kepala silinder dibentuk model macam mangkok. Desainnya dianggap ideal untuk mengail kompresi makin padat dengan kepala silinder dipapas 1 mm. Selanjutnya papasan ini dipakai patokan buat mencari sudut squish yang ideal. Sayang Leo enggak mau menyebutkan ukuran detailnya, yang jelas buat mengail putaran mesin bawah sesuai kebutuhan motor.

Selanjutnya untuk menyesuaikan pengiriman  bensin ke ruang bakar yang menjadi tugas karburator. Karbu andalkan Mikuni TM34 yang dipilih juga sudah sesuai riset. Suplai bahan bakar ke ruang bakar diatur oleh membran V-Force4 yang lidahnya berkualitas.  

Nah, terakhir buat saluran gas buang justru dipakai produk copotan dari Yamaha YZ85. “Tetapi, desain knalpot sedikit dimodifikasi biar volumenya sesuai kebutuhan mesin,” ujar pria yang juga sebagai pengusaha jasa angkutan ini. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban depan  : Michelin 70/100-19

Ban belakang  : Michelin 90/100-16

Knalpot   : Yamaha YZ85

Sok depan : Yamaha YZ85

Lengan ayun : KTM 85

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular