Rawat Soket Kabel Kelistrikan Motor, Jangan Asal Pilih Carian Semprot!

Motorplus - Kamis, 24 April 2014 | 08:44 WIB

Area bawah tangki sering luput dari perhatian

Di motor sport, ada beberapa part yang posisinya tersembuyi dan jauh dari perawatan. Contohnya, soket kelistrikan yang posisinya bersembunyi di balik tangki. Padahal, seiring lamanya waktu pemakaian, part ini bisa kotor dan rawan kendur akibat getaran.

“Sebaiknya kondisi soket dicek. Apalagi, posisi soket di motor sport di bawah tangki. Bahaya kalau kendur dan korslet karena bisa menyambar ke slang bensin di dekatnya,” wanti Ahmad Fauzan mekanik Fauzan Motor di Jl. Mohamad Kafi, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Agar soket terlihat, tentu sobat harus membuka bagian tangki. Lepas tangki dengan membuka 3 baut pengikat yang umumnya mengunakan baut 10 mm dan 8 mm. Setelah baut terlepas, jangan lupa copot slang bensin yang menghubungkan tangki dan karburator. Copot juga soket indikator bensin yang bisa dilepas setelah tangki setengah terangkat.

Semprot dengan cairan EC

Kalau tangki sudah terlepas, terlihat ada beberapa part penting seperti koil, flasher, CDI dan part lainnya yang bersembunyi di balik tangki. Tentu sobat tidak ingin performa tunggangan turun karena soket yang kendur atau kotor.

Untuk membersihkan soket-soket kelistrikan, jangan gunakan cairan sembarangan. Bisa pakai cairan electric cleaner (EC) yang biasa dibanderol Rp 30 - 50 ribuan di pasaran. Kelebihan EC, dibuat dengan bahan yang tidak mudah terbakar. Jadi, aman untuk soket-soket kelistrikan. Beda dengan karburator cleaner yang menggunakan cairan thinner yang mudah terbakar.

Setelah semua bersih, pasang kembali soket dan pastikan rapat agar tidak terjadi koslet. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular