Yamaha YZF-R15 2014, Teknologi dan Fitur Yang Diterapkan Melibatkan Campur Tangan Rossi

Motorplus - Jumat, 25 April 2014 | 11:45 WIB

Tampil sebagai supersport sejati

Yamaha YZF-R15 dilaunching 23 April. Menarik untuk dibedah. Teknologi dan fitur apa saja yang mendukung motor dalam perancangannya melibatkan Valentino Rossi ini.

Tetapi, terlihat kalau R15 mengutamakan desain, handling dan performa. Kita mulai dari handling dulu. Paling mudah dilihat handgrip yang desainnya sama dengan Yamaha R1. Itu permintaan Valentino Rossi kepada bagian Research & Development Yamaha ketika merancang R1.

Menurut pihak Yamaha, ini memberikan perfect grip alias ngegrip dan tidak licin. Nyaman dipakai handling dan bagus secara desain.

Arm almuminium. Kokoh dan stabil

Fitur lain yang mendukung handling yaitu lengan ayun aluminium. Menurut pihak Yamaha, ini pertama di Indonesia. Terlihat kokoh, gagah dan stabil.

Masih di areal kaki-kaki, pelek belakang lebar. Dengan ban ukuran 130/70-17. Agar mencengkram aspal lebih stabil. Juga ditunjang posisi berkendara yang bergaya supersport. Lebih pede dan stabil bermanuver.

Kedua, kelebihan secara desain. Desain Racing Series. Tampil sebagai super sport sejati. Didukung lampu belakang atau tail light menggunakan model LED. Ini juga nomer satu di Indonesia.

Mesin didukung 6 percepatan

Secara desain, jok dibuat bertingkat namun split. Dipisahkan jarak antara tempat duduk pengendara dan boncenger.

Ketiga, kelebihan secara performa. Didukung mesin 150 cc, 6 speed, pendingin air dan fuel injection. Tipe engine SOHC. Hanya satu noken as, tapi 4 klep. Kelebihannya rendah gesekan karena hanya satu kem. Jadi, selain bisa hemat bahan bakar juga tetap mantap untuk berakselerasi.

Untuk mendukung durability engine, blok silinder menggunakan DiASil silinder dan forged piston. Silinder yang tahan gesek dan piston ringan karena proses model tempa. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular