Usir Karat Arm Suzuki Thunder 125, Trik Ini Solusi Hindari Kropos Lebih Parah Yang Tidak Banyak Diketahui

Motorplus - Senin, 5 Mei 2014 | 08:17 WIB

Ini dia dua buah lubang pada sambungan pangkal arm 

Suzuki Thunder 125 andalkan rangka tubular, makanya arm atau lengan ayun juga dari pipa besi bulat. Sayangnya desain pangkal lengan ayun pada sambungan pelat besi dibuat tidak rapat dari pabriknya, ini jadi penyebab karat yang lama-lama bikin keropos.

“Adanya rongga ini membuat pipa lengan ayun gampang karat atau kropos karena menampung kotoran yang dihasilkan cipratan dari roda belakang,” ujar Agus Trihartono mekanik dari bengkel modifikasi G2C di Gandul, Cinere, Depok.

Gunakan lem kaca lengkap dengan penekannya

Solusinya untuk melindungi lengan ayun biar enggak mudah karat, lubang pada pelat yang membungkus pipa harus ditutup rapat. “Paling mudah ditutup lem kaca karena, material lem bisa masuk dan mengisi hampir seluruh bagian rongga di lengan ayu,” lanjut Agus sapaan akrab mekanik bertubuh langsing ini.

Tahap awal buka bagian ban belakang agar pengerjaan lebih mudah. Lalu bersihkan seluruh lengan ayun dari kotoran yang masih nempel. Setelah bersih baru deh giliran menutup bagian lubang dengan lem kaca.

Tutup kedua lubang dengan lem sampai rapat 

Selanjutnya masukkan lem kaca secara perlahan-lahan sampai bagian kanan dan kiri lubang pada arm bisa tertutup rapat. Untuk memudahkan pengerjaan gunakan alat khusus semacam penekan untuk untuk menggunakan lem kaca ini.

Nah, setelah kedua lubang tertutup rapat dengan lem kaca diamkan beberapa jam sampai material lem yang mengandung karet ini benar-benar kering. “Kalau sudah kering tandanya material lem akan mengeras seperti karet, baru deh roda belakang bisa dirakit kembali,” tutup Agus. Mudah kan….! (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular