Honda Tiger 2000 Bandung, Pensiun Dari Motor Turing Eh Sekarang Jadi Besutan Balap Off Road. Hadeeeh...

Motorplus - Kamis, 8 Mei 2014 | 08:22 WIB

Honda Tiger 2000 milik Jejef Supriatna, sudah pensiun jadi motor turing! Sekarang besutannya sudah naik kasta jadi besutan balap. Tapi, bukan untuk trek aspal melainkan sebagai andalan buat motor garuk tanah di ajang enduro juga adventure. Mantaf…!

Tentunya ubahan total dilakukan utamanya buat area rangka harus lebih handal membelah berbagai lintasan off-road. “Saya enggak mau pusing ubah rangka standar. Makanya, pilih yang aman pakai rangka Yamaha DT 100 yang basisnya besutan enduro,” urai Jeff, sapaan akrab Jejef Supriatna.

Makanya tampilan trail jadul jadi rujukan buat ubahan bodi yang memang sesuai keinginan Jejef. Proses pasang mesin ke rangka Yamaha DT, enggak terlalu rumit. Hanya tambah breket dengan lempengan plat besi, menyesuaikan dudukan mesin Tiger.

Untuk tangki, tetap dipertahankan milik Yamaha DT berikut sepatbor depan dan belakang. “Kalau side box atau bodi kanan dan kiri yang menutup rangka tengah, saya pakai cover replika Honda Elsinor,” lanjut pria yang punya toko variasi khusus trail Manx MX Creation di bilangan Cicaheum, Bandung, Jawa Barat.

Area kaki-kaki ikut dipermak biar nyaman diajak membelah medan tanah. Sok depan mengandalkan copotan dari Suzuki TS sedangkan areal belakang masih pakai swing arm Yamaha DT. Cuma, sok-nya sudah diremajakan dengan pasang ajrutan sodoran KYB Zeto ukuran panjang 38 cm.

Untuk rodanya, tampilan trail klasik ini adopsi paduan pelek ring 21 inci dibagian depan. Sedangkan buat bagian belakang, aplikasi diameter roda ring 18 inci. Keduanya, mengandalkan pelek berlabel TK yang langsung dibungkus ban pacul sodoran dari Kenda.

Sedangkan buat dapur pacu, Jejef hanya melakukan porting-polish saja. Setelah itu, ubah rasio juga dilakukan. “Tujuannya untuk maksimalkan tenaga bawah sesuai karakter besutan tanah. Akhirnya, saya ganti gigi rasio satu set milik Honda CB Glatik,” tutup Jejef yangkerap ikuti ajang enduro dan adventure di seputar Jawa Barat dan Banten. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban depan : Kenda 90/100-21

Ban belakang : Kenda100/100-18

Knalpot  : Custom

Teromol : Kawasaki KLX 150

Manx MX Creation: 0877-7444-6465

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular