Yamaha Jupiter Z 2009 Medan, Tenaga Mesin Sengaja Dibuat Lemot Di Bawah Tapi Kencang di Atas

Motorplus - Kamis, 8 Mei 2014 | 18:17 WIB

Tarikan motor lemot tidak selalu jelek. Seperti Yamaha Jupiter-Z tunggangan Zefry Hadi, rider tim Yamaha Yamalube RPM BTKS NHK FDR KYB AHRS. Meski dibuat lemot, Zefry bisa meninggalkan lawannya hingga 4 detik di kelas MP2 kejurnas MotorPrix region 1, seri IV, Sawahlunto, Sumatera Barat, Minggu (20/4) lalu.

Tenaga mesin, sengaja dibuat lemot di bawah, tapi terus mengisi di atas. Ini untuk menyesuaikan karakter sirkuit yang punya trek lurus hampir 350 meter. Apalagi, kebanyakan tikungannya rolling speed yang tentunya butuh putaran mesin tengah atas.

“Kuncinya, ada di kem. Durasinya dibuat agar motor lebih bertenaga di putaran atas. Untuk tenaga bawahnya, pintar-pintar joki saja saat menggantung gas,” ucap Alindo yang jadi juru korek Jupiter ini.

Kem diatur agar klep isap membuka 36 derajat sebelum TMA (Titik Mati Atas) dan menutup 58 derajat setelah TMB (Titik Mati Bawah). Durasi klep isap jadi 275 derajat. Klep buang, 273 derajat. Membuka 59 derajat sebelum TMB, dan menutup 34 derajat setelah TMA.

Untuk lebar payung klep in pakai 27 mm, dan klep ex 23 mm. Lubang portingnya dikorek dengan diameter lubang isap 25 mm dan lubang buangnya 23 mm. Penyembur bahan bakar, pakai Mikuni TM sudco berventuri 24 mm. Di sirkuit Kandi yang sangat terik kala race, pilot jet dipatok 32,5 dan main jetnya 195.

Agar daya tahan mesin terjaga hingga akhir lomba, Alindo memasangkan piston Daytona berdiameter 52 mm. Dengan panjang stroke 54 mm, kapasitas mesin Jupiter berubah menjadi 114,6 cc dibulatkan jadi 115 cc yang pas untuk tanding di kelas MP2. Rasio kompresi mesinnya dipatok 12,1 : 1.

Soal pengapian, mekanik yang berguru selama 6 tahun dengan Herman Lo alias ‘Ahon’, memasangkan CDI buatan Rextor. Lalu, magnet pakai standar bubutan dengan berat 650 gram. Dan koilnya, pakai milik Suzuki RM250.Selain itu, antara mekanik dan pembalap sudah kerja bareng sejak 3 tahun silam. Jadi, enggak susah lagi buat seting motor yang sesuai dengan gaya balap si joki. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban: FDR

Pelek: Takasago

Knalpot: Custom

CDI: Rextor

Sok belakang: Daytona

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular