Test Sinar Headlamp Pakai Lightmeter, Daya Sangat Berpengaruh Terhadap Intensitas Cahaya

Motorplus - Kamis, 8 Mei 2014 | 19:31 WIB

Sinar lampu yang terpancar berbeda-beda  

Ngomongin lampu depan motor standar, pancaran sinar berbeda-beda. Ini lantaran tiap-tiap tipe motor dibekali dengan bohlam lampu yang speknya berbeda pula, seperti kapasitas watt-nya dan reflector yang membantu memancarkan sinar lampu.

Buat mengetahui sinar atau cahaya yang keluar dari masing-masing headlamp, MOTOR Plus melakukan pengetesan, dilakukan lewat pendekatan ilmu fotografi. Maksudnya, sebagai alat pengetesan, kami memakai lightmeter yang berfungsi sebagai pengukur cahaya atau sebuah alat untuk mengukur intensitas cahaya.

Dalam fotografi, pengukur cahaya digunakan untuk menentukan bukaan (diafragma). Alat ini akan menunjukkan f-stop yang memberikan pembukaan netral, sekaligus sebagai patokan kami untuk mengukur cahaya yang dihasilkan headlamp. Diukur ketika motor langsam.

Oh ya, biar proses pengujian seragam, kami berpatokan pada asa 400 dengan speed 1/15. Ini jadi standar buat pengetesan motor yang lainnya juga. Sedangkan jarak pancaran sinar lampu dibagi dua, jarak 1 meter dan jarak 20 cm, dengan membedakan saklar lampu jauh dan dekat. Makin tinggi angka yang ditangkap lightmeter, tandanya sinar bohlam makin terang. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular