Biker Terserang Bronchitis Kronis. Awas dan Selalu Waspada..!!

Motorplus - Sabtu, 31 Mei 2014 | 07:30 WIB

Sesak, panas dan penuh kepulan asap kendaraan. Kira - kira begitulah gambaran jalanan di kota-kota besar. Sebagai biker yang hidup di ibu kota, pemandangan seperti itu tentulah sudah tak asing lagi.

Tanpa disadari, tiap hari kita hirup asap knalpot. Semua tentu tahu, asap yang keluar dari knalpot itu berbahaya. Sesak nafas, mata perih dan kepala pusing. Itu, contoh ringan jika terlalu lama hirup asap kendaraan.

Padahal, dibalik semua itu, ada bahaya yang lebih mengancam kesehatan. Menurut data Bappenas, setiap kali kendaraan bermotor mengeluarkan asap, ada sekitar 1.000 unsur kandungan zat beracun yang mengotori udara. Jika disebutkan satu per satu, tentunya terlalu panjang untuk dijabarkan. Namun dari kesemuanya, beberapa zat terkondang akan dibahas kali ini.

Dr. Susanti yang bertugas di Balai Pengobatan Umum Kompas Gramedia di Palmerah Selatan, Jakarta Selatan menyebutkan, salah satunya terdapat pada gas bernama karbonmonoksida. Zat ini menyebabkan rasa sakit pada mata, saluran pernafasan dan paru-paru. “Jika masuk ke dalam darah melalui pernafasan, zat bereaksi dengan hemoglobin dalam darah dan membentuk COHb atau karboksihemoglobin. Tentunya, ini tak baik,” paparnya. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular