Modifikasi Kawasaki Ninja 250R 2010 Jakarta, Sudah Nggak Sporty Lagi

Motorplus - Kamis, 12 Juni 2014 | 18:12 WIB

Kesan motor sport tak lagi terlihat pada besutan milik Gunawan. Tapi, justru berubah makin garang dan tetap beraura high performance. Kurang lebih seperti itulah kesan yang lekat pada Kawasaki Ninja 250R keluaran 2010 ini.

Tuh, tengok saja tampilannya yang sekarang. Ciri khas motor sport bermesin dua silinder segaris andalan pabrikan genk hijau ini seperti sirna tak berbekas. Bila awalnya pakai dresscode lengkap (fairing, red), kini telanjang. Sangar kan cuy?

Bisa jadi seperti itu setelah disulap oleh Ariawan Wijaya bergaya street tracker. Builder Baru Motor Sport (BMS) itu memang demen mentransformasi motor jauh dari bentuk aslinya. Makanya, tampilan Ninja 250 jadi hilang sama sekali.

Semua fairing yang nempel dicopot. Malah sub frame dipotong dan beberapa partnya dibuatkan baru. “Sub frame dipangkas untuk bentuk buritan jadi datar ala motor street tracker,” jelas Ari, sapaan akrab Ariawan. Tak ketinggalan, jok juga dibuatkan baru, yang kemudian dilapis bahan kulit biar ada kesan klasiknya. Lalu dibubuhi kalimat ‘Che Guevara’ di atasnya.

Melusur ke sektor tengah, tangki bawaan pabrik digusur pakai penampung bahan bakar custom. Serunya, ada wajah tokoh revolusi Kuba tersebut (Che Guevara) ditoreh di sana. “Obyek tokoh ini dibuat pakai teknik airbrush, biar hasilnya lebih rapi dan kinclong,” bilang Ari.

Ubahan di bagian depan, batok dual headlamp plus windshield khas Ninja 250 tak lagi dipakai. Gantinya, hanya dipasang satu buah lampu bulat punya Harley-Davidson yang diberi cover mungil minimalis. Stangnya pun turut diganti pakai produk aftermarket supaya ruh street tracker lebih mencuat.

Beralih ke kaki-kaki, agar sesuai konsep, kedua karet bundar sengaja dipilih yang berkarakter aspal murni. Produk Mettzeler Roadline ukuran 120/70/17 ditugaskan menopang bagian depan. Sedang belakang 190/55-17. Disandingkan dengan pelek FZ1 ukuran 3,5-17 (depan) dan 6,0-17 (belakang).

Usai roda kelihatan makain kekar, gantian suspensinya kena jamah biar ayunannya makin sip. Gak tanggung-tanggung, sektor depan dijejali sok upside down Suzuki Hayabusa  berikut sistem pengeremannya. Sementara belakangnya karena ingin dibuat jadi double shock, swing arm ori diganti pakai punya Suzuki GSX 1100. Soknya sendiri andalkan buatan Ohlins.

Sebagai pamungkas, bodi dilabur cat biru guna memberikan kesan modern. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Setang: Progrip

Knalpot         : Custom

Riser         : Baraccuda

Handgrip        : Baraccuda

Jalu setang     : Rizoma

Selang rem    : Hel

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular