Modifikasi Yamaha V-ixion 2010 Jakarta, Yamaha YZF R15 Tanpa Inden!

Motorplus - Kamis, 19 Juni 2014 | 09:15 WIB

Beberapa waktu lalu, Yamaha mengeluarkan varian terbarunya. Ya, Yamaha R15 versi 2014 yang pemesanannya melalui inden. Namun, sistem inden itu tidak berlaku bagi Satria Adi. Pria asal Jakarta ini, enggak perlu melakukan inden demi mendapatkan motor R15 impiannya.

Tenang, begini ceritanya. Adi panggilan akrabnya sengaja mengubah tampang dari Yamaha V-ixion miliknya menjadi Yamaha R15 yang sebenarnya hanya beda tipis. “Kalau saya lihat, basisnya memang enggak jauh beda dengan V-ixion,” bilangnya pede.

Ubahannya hanya lebih ke tampilan, tapi untuk memuaskan hasratnya. Adi nggak mau jika harus memotong rangka orisinal, “Mulai dari fairing sampai bodi belakang, saya aplikasi replika bodi R15. Untungnya, hanya menambahkan dudukan saja, enggak sampai potong rangka,” lega pria yang suka cornering di sirkuit Kenjeran, Surabaya ini.

Bedanya dengan R15 ada di bagian tangki. Adi sengaja enggak mengaplikasi tangki R15. Tapi, doi lebih suka dengan bentuk dan diameter tangki milik R125 yang sedikit lebih besar, “Hampir mirip sih, tapi sudutnya lebih bagus R125,” terangnya lagi.

Di bagian kaki-kaki, juga enggak mengandalkan bawaan V-ixion. Makanya, mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya) ini mengaplikasi swing arm milik Yamaha R6. “Hanya memperbesar bagian lubang as arm, kalau untuk unitrack-nya mesti mengubah dudukan supaya rebound-nya terasa nyaman,” ungkap mahasiswa jurusan Design Produk ini.

Terakhir, ada di suspensi depan yang juga enggak kalah dengan swing arm. Ada suspensi upside down milik Yamaha R6 mengapit pelek Aprilia RS250 dengan lebar 3 inci dan 4,5 inch. Pastinya, agar nuansa kaki-kaki gambot ini lebih menonjol, maka ban ukuran lebar ikut dipasang ke pelek.

“Kalau urusan pasang sok depan, tinggal mengubah as komstir dan penambahan bushing dibagian as rodanya. Sehingga, bentuknya menjadi proporsional. Enggak miring,” tutupnya sambil pamer R15 karyanya. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban depan: Zeneos 120/70-17

Ban belakang: Zeneos 150/70-17

Sok depan: Yamaha R6

Pelek: Aprilia RS250

Knalpot: Termignoni

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular