Modifikasi Yamaha Scorpio 2010 Solo, Dikira Sportster Dengan Konfigurasi Silinder Berbentuk V Engine

Motorplus - Sabtu, 28 Juni 2014 | 10:19 WIB

Motor bermesin dobel dengan konfigurasi silinder berbentuk V alias V engine, biasanya menghasilkan dentuman suara dan performa yang menyentak kala selongsong gas dipelintir. Itu tuh seperti motor om Sam, Harley-Davidson (H-D), hehehe..

Nah, pesona motor bermesin V-Twin macam H-D Sportster, jadi impian dan obsesi Gavin Oei, warga Jebres Solo, Jawa Tengah. Sampai kebawa mimpi segala katanya. Dari pada terus-terusan makan gak enak, tidur gak nyenyak, Gavin bertekad mewujudkannya. Pria yang punya show room motor garputala ini pun rela menyerahkan Yamaha Scorpio miliknya. Buat dijual untuk nambahin beli Sportster ya, bro?

“Bukan, untuk dimodifikasi jadi kayak motor impian itu,” tukasnya malu-malu. Ealah..! Gak tanggung-tanggung, Gavin sampai bela-belain ke ibu kota (DKI Jakarta). Bukan buat ketemu capres Jokowi yang tadinya jadi walikota Solo. Melainkan untuk menyambangi Baru Motor Sport (BMS) yang ngendon di kawasan Palmerah Barat, Jakarta Barat.

Rumah modifikasi ini jadi rujukan Gavin, lantaran BMS terkenal piawai memanipulasi bentuk motor secara drastis. Maksudnya, tampilan bisa diubah beda 180 dari konsep dasar (standar pabrik). Terbukti tantangan bikin semplakan chooper berbahan dasar Scorpio, berani dijabani Ariawan Wijaya, penggawang BMS.

Langkah ubahan awal yang dilakukan Ari di mulai dari sasis. Timnya menyisakan main frame dari komstir sampai tengah saja. Sedang sub frame dibentuk ulang dari pipa gas berdiameter 1 inci. “Sekalian dibuatkan mounting atas untuk dudukan sokbreker belakang. Ruang di tengah sasis dibikin lega untuk diisi segelondong mesin Scorpio yang di tambah part kamuflase,” buka modifikator berkulit bersih ini. Maksudnya?

Biar tampak seperti mengusung dapur pacu V-Twin, di sebelah belakang blok silinder dan cylinder head utama, dijejali lagi sebuah blok silinder plus head si Kalajengking. Tapi, blok dan head tersebut tidak berfungsi. Hanya buat kamuflase saja, seolah-olah konvigurasi mesinnya V kayak Sportster. Hihihi.. boleh juga idenya.

Lalu untuk menguatkan aura choppernya, tangki bensin dibikin ulang mengadopsi gaya H-D Sportster. “Menggunakan bahan plat galvanis yang dibentuk agak membulat di bagian atas. Trus, biar roh Sportster kuat meski hanya berbekal mesin 225 cc, diberi ornamen di atas tangki sebagai pemanis. Semacam bilah plat setebal 5 mm, dibentuk memanjang dengan finishing chrome,” jelas Ari.

Tanpa bermaksud egois, jok dirancang jadi single seater. “Cuma buat menonjolkan sosok single rider yang senang menikmati embusan angin saaat riding. Selain itu, posisi duduk pengendara bisa dibikin lebih selonjoran,” tukasnya.

Dudukan alas pantat yang pada bagian ujung didesain agak nungging ini langsung diikat di sub frame. Sentuhan leather bercorak dengan warna dasar krem buat melapis jok, jadi wujud kemewahannya.

Pio wanna be Sportster daaahh...!! (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Sokbreker depan : Byson

Ban depan-belakang : Shinko 5,00-16

Teromol : Custom H-D

Knalpot : Pro Speed

BMS: (021) 5309-692

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular